Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Layar LCD Smartphone Yang Harus Kamu Tahu

Daftar Isi [Tampil]
8 Jenis Layar LCD Smartphone Yang Harus Kamu Tahu
8 Jenis Layar LCD Smartphone Yang Harus Kamu Tahu
Trikwiki.com - Semakin berjalannya waktu, kini semakin banyak vendor smartphone yang mengeluarkan smartphone jenis terbaru dengan harga yang murah. Dengan harga yang murah tersebut,biasanya sebuah smartphone mengalami pemangkasan spesifikasi pada jenis layar LCD -nya atau jenis layarnya.

Untuk kamu yang ingin membeli sebuah smartphone dan sangat membutuhkan fitur layar ini, tentu saja, kamu harus jeli dalam memilih jenis layar yang digunakan pada layar smartphone kamu. Misalnya, kamu adalah orang yang hobi melakukan kegiatan fotografi dengan smartphone, untuk mendukung kegiatan tersebut, kamu membutuhkan sebuah layar di Smartphone yang bisa menampilkan akurasi warna yang tepat dan seperti aslinya.

Setiap layar pada smartphone, mempunyai kemampuan untuk menampilkan warna dan akurasinya sendiri-sendiri. Itulah mengapa, terkadang saat kita melihat gambar di Smartphone satu dengan smartphone lainnya terdapat sebuah perbedaan warna.

Jenis-Jenis Layar LCD Smartphone dan Keunggulannya 

Jenis-jenis layar yang digunakan pada sebuah smartphone itu berbeda - beda, dan tentunya setiap layar mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Pemilihan jenis layar smartphone yang baik akan menimbulkan kenyamanan bagi penggunanya. Namun, tentu saja, ada harga ada kualitas. Sebuah layar smartphone yang bagus akan memiliki harga yang lebih mahal.

Jenis-Jenis Layar LCD Smartphone dan Keunggulannya

Berikut adalah jenis-jenis layar smartphone yang perlu kamu ketahui, jika kamu ingin mendapatkan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Layar LCD (Liquid Cristal Display)

Seperti namanya, Liquid Crystal Display, layar ini terbuat dari susunan lapisan kristal cair. Jenis layar ini sangat populer dan sering digunakan pada smartphone. Teknologi yang diusung hampir juga sama dengan jenis layar laptop atau monitor kebanyakan. Jika ditekan LCD akan menimbulkan efek seperti terdapat air di dalamnya.

Namun, untuk pengguna smartphone, menekan layar LCD tidak bisa dilakukan karena sudah terlapisi layar di depannya, yang berfungsi sebagai penyelamat utama LCD di dalamnya. Apa bila dilihat di bawah sinar terik matahari secara langsung, jenis layar LCD ini, masih memiliki tampilan yang bisa di toleransi mata dan cukup jelas pada kontras maksimal. Namun, akurasi warna yang dimiliki pada layar LCD bisa dibilang kurang baik jika dibandingkan dengan layar tanpa backlight.

2. Layar TFT LCD (Thin Film Transitor Liquid Cristal Display)

Layar TFT LCD adalah salah satu jenis dari layar yang lebih baik satu tingkat daripada layar LCD.Untuk menampilkan gambar dengan resolusi tinggi, layar ini lebih baik. Namun, masih terdapat kekurangan pada sudut pandang pengelihatannya ketika di bawah sinar matahari. Ketika dilihat dari arah samping, layar jenis ini bisa menampilkan warna yang berbeda.

Dengan begitu, jika kamu adalah seseorang yang sangat aktif dalam dunia fotografi atau aktifitas apapun seperti bermain game dan sangat membutuhkan akurasi warna yang tepat jenis layar LCD dan TFT belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Layar IPS LCD

Layar tipe IPS adalah sebuah terobosan baru untuk layar dengan jenis LCD. Berbeda dengan layar sebelumnya, layar IPS memberikan kenyaman yang lebih baik untuk dipandang karena warna yang ditampilkan memiliki kemiripan yang sangat baik dengan aslinya. Ketika dipandang dibawah sinar matahari, layar jenis ini juga menampilkan gambar yang lebih baik dari sebelumnya.

Dalam pengkomsusian daya, layar IPS juga lebih hemat daripada layar – layar sebelumnya. Layar ini biasa digunakan untuk jenis layar smartphone kelas medium hingga high. Sehingga ponsel yang menggunakan layar jenis ini akan menjadi lebih mahal sedikit. Layar IPS juga sudah cocok untuk kamu jika menginginkan layar dengan kualitas gambar yang baik.

4. Layar OLED (Organic Light Emiting Diode)

Jenis layar selanjutnya adalah OLED. Layar ini terbuat dari lapisan bahan organik yang terbuat dari karbon. Lapisan tersebut berada di lapisan Anoda dan Katoda. Layar ini memuliki sudut pandang yang lebih luas daripada layar – layar sebelumnya. Tingkat akurasi warnanya juga lebih berkualitas. Dan komsumsi dayanya juga rendah, serta memiliki respon yang lebih baik ketika disentuh.

5. Layar AMOLED

Layar jenis AMOLED adalah layar yang satu tingkat lebih baik dari layar OLED. Layar ini sering digunakan pada smartohone high-end yang memiliki harga jual tinggi, karena memang kualitasnya yang juga bagus dan premium. Layar ini terbua dari molekul organik yang akan menghasilkan sebuah cahaya jika dialiri arus listrik.

Kualitas gambar yang ditampilkan lebih tajam dari layar – layar sebelumnya sehingga sangat cocok untuk memanjakan mata mu berlama – lama dengan layar ini. Layar ini sering kali digunakan oleh produksi smartphone ternama seperti Samsung. Namun, seiring berjalannya waktu, jenis layar ini juga digunakan oleh ponsel – ponsel dengan kelas nama vendor di bawahnya.

6. Layar Super AMOLED

Dengan embel – embel super, tentu saja, layar jenis ini memiliki kemampuan yang lebih dibanding layar AMOLED biasa. Layar super AMOLED sudah memiliki sensor sentuh yang tertanam pada layar itu sendiri yang digunakan sebagai lawan dari sentuhan luar.Layar ini juga dikembangkan oleh Samsung dan layar ini juga diklaim bahwa memiliki dimendi yang lebih tipis, serta responsibilitas yang lebih baik.

Baik layar AMOLED atau Super AMOLED keduanya memiliki konsumsi daya yang rendah. Layar ini mampu mampu menampilan gambar yang sangat baik meski dibawah terik matahari sekalipun. Layar ini juga memiliki kemampuan untuk mematikan lampu pada latar belakang yang gelap. Jadi ketika kamu membuka aplikasi dengan Dark Mode, cahaya pada layar itu benar – benar mati. Dan sensor cahaya dari layar ini hanya akan menerangi obyek – obyek yang perlu di lihat saja.

7. Corning Gorila Glass

Ini adalah jenis layar yang diproduksi dengan teknologi perisai kaca khusus. Layar jenis ini diproduksi oleh perusahaan bernama Corning. Corning Gorila Glass memiliki ketahanan yang luar biasa pada sebuah goresan dan benturan yang dinilai akan menimbulkan kerusakan parah pada sebuah layar.

Layar Jenis Gorila Glass juga mengalami pembaruan dari waktu ke waktu. Mulai dari Corning Gorila Glass 1, Corning Gorila Glass 2 , Corning Gorila Glass 3, dan Corning Gorila Glass 4.

8. Dragontail Glass

Ini adalah layar yang menjadi saingan dari produk Corning yaitu Corning Gorila Glass. Layar jenis ini diproduksi oleh perusahaan yang bernama Asashi Glass. Kaca yang disediakan juga memiliki kualitas tinggi sama halnya seperti Corning Gorila Glass.

Ketangguhan yang ditawarkan pada layar jenis ini adalah kemampuannya yang bisa menahan beban hingga 60KG dengan ketebalan kacanya yang hanya 1mm. Ponsel yang telah memakai teknologi ini adalah Xiaomi Redmi 1S. 

Akhir Kata

Itulah dia, jenis - jenis layar LCD yang perlu sobat Trikwiki ketahui. Artikel ini dibuat supaya sobat trikwiki bisa lebih smart lagi dalam memilih ponsel berdasarkan jenis layar yang digunakan. Dengan mengetahui masing – masing informasi dari jenis layar tersebut, diharapkan juga sobat trikwiki bisa menentukan layar mana yang paling cocok untuk kebutuhan sobat.

Post a Comment for "8 Jenis Layar LCD Smartphone Yang Harus Kamu Tahu"