Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis SSD Serta Kelebihan dan Kekuranganya di Bandingkan HDD

Daftar Isi [Tampil]
Jenis SSD Serta Kelebihan dan Kekuranganya di Bandingkan HDD
Jenis SSD Serta Kelebihan dan Kekuranganya di Bandingkan HDD
Trikwiki.com - Bagi kamu yang suka mengutak-atik komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SSD. Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga terus berkembang. Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan berbagai jenis SSD. Kenapa? karena penggunaan SSD dirasa akan lebih mempermudah kegiatan mereka dan produktivitas mereka.

Sebelum ditemukan SSD, seperti sekarang. Sebagai media penyimpanan data pada perangkat komputer orang-orang biasanya menggunakan HDD (Hard disk). Namun media penyimpanan HDD memiliki kemampuan baca tulis yang jauh lebih lambat dari pada SSD. Karena sebab itulah. Kenapa orang – orang banyak yang bermigrasi menggunakan SSD.

Seiring dengan hal itu, saat ini pun sudah banyak produsen perangakat komputer yang  mulai menanamkan SSD pada komputer atau SSD pada produksi komputer atau laptop dari brand  mereka. Meskipun sudah banyak orang beralih menggunakan SSD, namun perangkat HDD juga masih banyak digunakan hingga sekarang karena berbagai sebab.

Apa Itu SSD?

SSD merupakan media penyimpann data yang menggunakan sebuah chipset yang terintegrasi secara terus menerus. Berbeda dengan RAM yang telah kita bahas sebelumnya, karena RAM sendiri hanya akan menyimpan sebuah data pada saat komputer itu menyala. Jadi hanya akan menyimpan data secara sementara, sedangkan SSD itu bisa selamanya. Fungsi utamanya sama dengan SSD yaitu menyimpan data. Namun, SSD memiliki kelebihan yaitu kecepatannya yang lebih tinggi untuk lebih lengkapnya kita akan bahas dibawah ini.

Jenis - Jenis SSD Pada Komputer atau Laptop

Jenis - Jenis SSD Pada Komputer atau Laptop
Jenis - Jenis SSD Pada Komputer atau Laptop
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa SSD itu mempunyai jenis-jenis yang banyak. Kita bisa membedakan jenis-jenis SSD yang biasa kita gunakan pada komputer atau laptop dengan berdasarkan ukurannya, berikut adalah jenis-jenis SSD yang perlu kamu tahu.

1. SSD 2,5 inchi

SSD jenis ini adalah SSD yang sering kita temui. SSD Jenis ini sangat cocok digunakan untuk laptop lama kamu yang masih menggunakan HDD.  Jika laptop lama kamu masih ada CD Drive nya, SSD jenis ini bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari CD Drive yang tidak terpakai itu. Ada banyak konektor SSD jenis ini yang biasa kamu temui. Jika Laptop kamu tidak ada CD Drive nya SSD jenis ini juga bisa dipasang di slot HDD tersebut. Asalkan ada konektornya. 

2. SSD mSATA

Ukuran SSD jenis ini adalah seukuran kartu nama. Bentuknya yang kecil membuat konsumsi dayanya menjadi rendah. Biasanya dipasang pada perangkat sang sangat portale seperti lapop, notebook dan tablet.

3. SSD M.2 SATA

Bentuk SSD ini lebih kecil dari SSD mSata dan lebih tipis, namun sedikit lebih panjang. Pemasangan SSD ini juga sering ditemukan pada perangkat yang sangat portable seperti SSD mSATA. SSD ini memiliki terdapat dua jenis yang berbeda yaitu double-side dan single-side. 

4. SSD M.2 NVME

SSD jenis ini adalah SSD standar yang secara khusus dikembangkan oleh vendor-vendor ternama, seperti Intel Samsung SanDisk Dell dan Seagate. Dengan teknologiNVME, SSD  jenis ini akan mempunyai kemampuan baca tulis yang lebih cepat lagi dibandingkan dengan SATA.

Kelebihan Yang Di Miliki SSD Dibandingkan HDD

Kelebihan Yang Di Miliki SSD Dibandingkan HDD
Kelebihan Yang Di Miliki SSD Dibandingkan HDD
 Walaupun fungsinya sama tapi antara SSD dan HDD, namun, keduanya juga memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan antara SSD dan HDD itu akan kita bahas dibawah ini, antara lain:

1. Desain yang Lebih Kecil dan Tidak Berisik

Perangkat SSD dibuat dari tanpa komponen yang bergerak yang digunakan pada HDD yang mana menggunakan perangkat bergerak seperti piringan. Sedangkan SSD menggunakan sebuah chip. Dengan demikian, hal ini juga mengakibatkan sebuah laptop zaman sekarang diproduksi dengan SSD juga memiliki desain yang lebih kecil dan ringkas dibandingkan dengan desain laptop pada zaman dahulu. Selain itu, dengan tidak adanya komponen bergerak, SSD tidak menimbukan suara yang berisik.

2. SSD Bekerja Lebih Cepat 

Dibandingkan dengan HDD, SSD bisa 2 kali hingga 3 kali lebih cepat dari pada HDD dalam kegiatan mengirim dan menuliskan data. Sebuah komputer atau laptop yang menggunakan HDD biasanya memerlukan waktu sekitar 30 detik dan komputer yang menggunakan SSD hanya memerlukan hanya tidak lebih dari 15 detik .

3. Memiliki Daya Tahan yang Lebih Kuat

Selain desain yang lebih kecil dan bisa bekerja lebih cepat, SSD juga memiliki daya tahan yang kuat. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya komponen bergerak di dalam SSD. Berbeda dengan HDD yang memiliki komponen bergerak di dalamnya. Jadi, ketika kamu sudah menggunakan SSD laptop kamu juga akan menjadi lebih tahan dengan guncangan.

Kekurangan Yang Di Miliki SSD Dibandingkan HDD

Memanglah benar, sobat Trikwiki, bahwasanya tidak ada ciptaan manusia yang benar – benar sempurna. Disamping kelebihan – kelebihan yang ditawarkan oleh SSD ada juga kekurangannya. Apa saja kekurangan tersebut? berikut adalah pembahasannya.

1. Kapasitasnya Kecil Tapi Harganya Mahal

Sebuah harga SSD berkapasitas 128GB untuk saat ini menyamai harga pasaran dari HDD yang berukuran 1TB. Jauh sekali bukan perbedaannya. Sedangkan untuk harga SSD 128 GB dan HDD 1 TB sendiri, rata – rata harga di pasaran adalah 800ribuan. Kapasitas maksimal SSD hingga saat ini baru mencapau 4TB sedangkan HDD sudah mencapai 80TB. 

Meskipun kehadiran SSD begitu menyita perhatian semua orang, Namun HDD memang belum bisa tergantikan di beberapa pengguna PC yang memerlukan kapasitas besar. Hingga sekarang pun, masih ada produsen laptop yang memproduksi laptopnya dengan dukungan HDD untuk mendapatkan penyimpanan data yang besar. 

Namun, biasanya produsen laptop tersebut juga menyematkan slot SSD kepada pengguna. Jadi apabila pengguna ingin melakukan update penyimpanan untuk sistem supaya lebih cepat tidak perlu mengorbankan HDD. 

2. Siklus Read and Write yang Lebih Pendek

Berbanding lurus dengan kapasitasnya, SSD memiliki situs Read and Write yang lebih pendek. Dari segi umur pemakaian juga menjadi lebih pendek. HDD akan berhenti berfungsi, jika piringan cakramnya rusak. Sedangkan SSD bergantung pada pemakaian dari seberapa banyak data yang dapat ditulis dan mengenai data yang dibaca, kiatakan tidak terlalu berpengaruh.

Sebagai contoh SSD berukuran 250GB. SSD tersebut dikatakan memiliki masa pakai data sebanyak 300TB menulis data. Maka, setelah mencapai pemakaian tersebut SSD akan rusak. Namun, itu hanya perkiraan. Biasanya SSD akan bertahan lebih lama.

Akhir Kata

Sekian pengetahuan kita tentang SSD kali ini mengenai jenis – jenis SSD , kelebihan , serta kekurangannya. Untuk sobat trikwiki yang ingin melakukan upgrade pada penyimpanan laptop atau komputernya, pastikan membeli SSD yang tepat ya. Jangan sampai salah beli, karena jika SSD yang sobat beli ternyata tidak cocok dengan laptop atau komputer kamu. Tentu, akan menjadi sia-sia.

Untuk sobat trikwiki yang mungkin galau, jika melakukan upgrade SSD, HDD nya mau dikemanakan, Jika ternyata laptop / komputer kamu masih masih ada CD Drive-nya. Maka yang kamu lakukan tinggal membeli SSD yang 2.5 inch dan adapternya untuk dipasangkan di slot CD Drive. Apabila tidak ada slot CD Drive-nya, kamu bisa mencopot HDD yang ada di dalam laptop lalu menggantinya dengan SSD dan HDD kamu tetap bisa dijadikan penyimpanan eksternal, dengan cara membeli adapternya, mudah kan.