Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis RAM Laptop dan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui

Daftar Isi [Tampil]
Jenis-Jenis RAM Laptop dan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui
Jenis-Jenis RAM Laptop dan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui
Trikwiki.com - Random Access Memory atau sering disebut RAM adalah sebuah komponen pada komputer, laptop, dan smartphone yang keberadaannya sangat penting. Namun, pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas semuanya, kita hanya akan membahas mengenai RAM Laptop dan komputer. Mungkin untuk jenis-jenis RAM pada Android akan kita bahas di lain waktu.

Kenapa Keberadaan RAM Komputer Itu Penting? 

Karena RAM akan berfungsi sebagai alat penyimpan data sementara untuk aplikasi yang kita jalankan. Jadi, kalau tidak ada RAM, sebuah perangkat pada komputer tidak akan bisa digunakan. Kapasitas RAM pun bermacam-macam, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB dan seterusnya.

Memory RAM berbeda dengan Hardisk ataupun SSD. Hardisk dan SSD adalah sebuah penyimpanan yang tetap bisa menyimpan data saat sebuah perangkat dimatikan. Namun RAM hanya akan menyimpan data saat komputer menyala. Saat komputer atau laptop dimatikan fungsi RAM juga ikut terhenti.

Jenis-Jenis RAM Laptop dan Komputer Lengkap Dengan Spesifikasinya

Jenis-Jenis RAM Laptop dan Komputer Lengkap Dengan Spesifikasinya
Jenis-Jenis RAM Laptop dan Komputer Lengkap Dengan Spesifikasinya
Perlu juga kalian ketahui, bahwa RAM tidak hanya terdiri dari macam – macam ukuran saja. Namun, juga terdapat jenis – jenisnya. Kenapa kita menyajikan konten seperti ini? Karena, hingga saat ini masih banyak orang – orang yang ketika ingin membeli sebuah barang elektronik hanya memandang RAM hanya dari kapasitasnya. Padahal kapasitas RAM besar belum serta merta paling baik.

Beruntunglah, apabila kamu membaca artikel ini saat kamu sedang berencana merakit komputer atau membeli laptop. Berikut adalah jenis-jenis RAM Laptop dan Komputer yang perlu kamu ketahui lebih dulu.

1. DRAM (Dinamic Random Access Memory)

RAM jenis ini adalah RAM yang paling sering digunakan pada sebuah komputer. DRAM (Dinamic Random Access Memory) akan menyimpan data atau kode program dalam sebuah sel penyimpanan yang mana terdiri dari kapasitor dan transitor yang biasanya diatur dalam sebuah konfigurasi penyimpanan. Desain dari DRAM begitu sederhana, kecepatannya pun cukup baik yaitu 4,7 Mhz hingga 40Mhz) dan memiliki harga yang relatif lebih rendah. Namun, RAM jenis ini boros dalam mengkonsumsi daya.

2. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan RAM yang berkategori solid state yang sudah digunakan sejak tahun 1996 hingga 2006. RAM jenis ini bisa ditemukan di komputer – komputer Pentium MMX, Pentium Pro, Pentium II, Pentium III, Celeron, beberapa lagi do Pentium 4. Kecapatanya sendiri berada di antara 100 Mhz – 133 Mhz.

SDRAM sendiri memiliki jumlah pin sebanyak 168 pin. Hal tersebut membuat SDR RAM menjadi RAM yang mampu melaksanakan tugasnya dengan kecepatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan DRAM. Namun, RAM jenis ini sudah tidak banyak lagi digunakan karena kapasitasnya yang hanya di mulai dari 16 MB hingga 1 GB saja.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

Seperti namanya, RAM ini di buat dari Rambus dan memiliki kecepatan yang standar yaitu 1Ghz dan biasanya lebih dari itu. RAM jenis ini merupakan kategori RAM yang memiliki kecepatan paling cepat di kelas RAM yang terbuat dari Rambus. RAM ini, pada umunya dipasang di kartu grafis untuk video.

RD RAM juga RAM pertama yang memperkenalkant Dual Channel. DRAM, SDRAM, dan RDRAM syang ama – sama terbuat dari Rambus ini memiliki perbedaan pada tipe pengolahannya. RDRAM memiliki tipe serial dan yang lain memiliki tipe pararel.
Saat ini, RDRAM sudah tidak digunakan lagi, karena harganya yang terlalu mahal, sedangkan harganya sudah dapat disamai dengan DDR

4. SRAM (Static Random Access Memory)

RAM Jenis SRAM adalah RAM yang proses produksinya menggunakan semi konduktor dan tidak butuh kapasitor serta penyegaran yang harus dilakukan secara berkala, karena sudah ada static di bagian depan.

SRAM menggunakan trasnsistor tanpa menggunakan kapasitor. Karena, dengan begitu, kemampuan kerja SRAM akan lebih cepat. Namun, harganya juga lebih mahal dengan kapasitas yang terbatas. SRAM memiliki kecepatan sebesar 500Mhz.

5. EDORAM

RAM jenis ini adalah RAM yang dikembangkan sejak 1995 dan kecepatan bacanya relatif lebih cepat dibanding RAM yang lain. Mempunnyai Slot 72 pin, RAM ini cocok di pasang di semua pentium karena bentukanya yang lebih panjang daripada RAM SIMM. RAM ini cocok dipasang pada komputer yang memiliki bus hingga 66 Mhz.

6. RAM Flash

RAM Flash adalah RAM yang termasuk kedalam memori berkapasitas rendah. Biasanya digunakan untuk perangkat TV, mainan anak, printer ataupun ponsel jadul. Tidak seperti RAM pada umu nya, RAM Flash bekerja seperti memori biasa. RAM jenis ini bisa menulis data dan ketika tidak ada daya RAM ini juga tetap masih menyimpan data yang dituliskan.

7. VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

Seperti namanya, VGRAM (Video Graphic Random Access Memory) adalah RAM yang khusus digunakan untuk video adapter. RAM ini biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel dari paparan grafik. Kapasitas VGRAM bisa menentukan kualitas dari sebuah gambar. Dengan begitu, menggunakan chip ini akan memberikan performa rendering video yang lebih baik dan tidak membuat lelah CPU.

8. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

DDR SDRAM merupakan tipe RAM yang kini paling banyak digunakan untuk Jenis RAM laptop dan Komputer dengan kebutuhan standar. Jenis – jenis RAM ini ada 4 yaitu DDR 1, DDR 2, DDR3, dan DDR4. Untuk sekarang ini, laptop keluaran terbaru biasanya menggunakan DDR4 SDRAM karena memiliki kecepatan clock standar yang lebih tinggi mencapai 1600 Mhz.

RAM tipe DDR SDRAM bisa memproses sebuah instruksi dua baca tulis per siklus jam. Serta, kemampuan memori ini juga bekerja hingga dua kali lebih cepat dari pada SDRAM. Memori ini bisa bekerja dengan baik pada tegangangan standar yaitu 2.5 B dari 3,3 V.

9. SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

SO – DIMM juga merupakan jenis RAM laptop dan notebook yang sering kita jumpai hingga kini. Bentuknya yang ringkas sangat cocok disematkan pada perangkat notebook karena sangat menghemat ruang. Besarnya kira – kira adalah setengahnya dari DDR RAM. Jenis RAM ini biasanya selalu mengikuti perkembangan dari waktu ke waktu.

Penutup

Itulah beberapa jenis RAM yang sobat Trikwiki perlu ketahui. Apalagi jika sobat baru ingin merakit sebuah Komputer atau memberli laptop. Mengetahui Jenis RAM laptop dan Komputer sangat penting. Hal ini, bertujuan supaya sobat trikwiki bisa memilih, mana yang cocok dengan kebutuhan sobat sehari –hari. Jangan sampai kalian sudah membeli RAM tapi menyesal, karena tidak sesuai ekspetasi.

Tentu, memang benar jika kapasitas RAM yang besar memang mampu menampung aplikasi – aplikasi yang lebih banyak dan memungkinkan sobat untuk melakukan pekerjaan berat. Namun, kamu juga harus memperhitungkan kecepatan RAM tersebut. Apakah cocok atau tidak dengan kebutuhanmu. Sekian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat untuk seluruh sobat Trikwiki.