Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Merawat Ponsel Android Agar Awet dan Baterai Tahan Lama

Daftar Isi [Tampil]
7 Tips Merawat Ponsel Android Agar Awet dan Batrai Tahan Lama
7 Tips Merawat Ponsel Android Agar Awet dan Batrai Tahan Lama
Trikwiki.com - Halo sahabat android, bertemu lagi dengan kami disini untuk membahas banyak informasi yang berhubungan dengan tips dan informasi keren tentang dunia android. Pada kesempatan yang indah ini kami ingin berbagi informasi menarik kepada anda semua tentang tips cerdas merawat ponsel android anda yang baru saja beli agar lebih awet dan tahan lama.

Tidak semua pengguna ponsel itu bisa awet memakai barang elektronik, bahkan beberapa orang diluar sana hanya mampu bertahan beberapa bulan sejak pembelian ponsel baru mereka. Ini menandakan, perlu adanya ketelitian dan perawatan yang baik pada ponsel anda, terlebih lagi kalau anda membeli ponsel android dalam konsisi yang masih baru atau buka kotak. 

Tips Merawat Ponsel Android Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Nah, tips seperti ini secara umum sebenarnya sudah banyak dibahas di internet, hanya saja pembahasan yang diberikan masih kurang lengkap sehingga cukup terbatas untuk bisa diterapkan oleh beberapa pengguna. Mungkin, dengan adanya tips tambahan dari kami bisa sedikit membantu anda dalam merawat ponsel android agar lebih tahan lama dan awet bertahun-tahun. Coba simak penjelasannya dibawah ini. 

Hal terpenting yang harus anda tekankan terlebih dahulu di dalam diri anda adalah rasa sayang dan bersyukur karena memiliki ponsel android yang mana tidak smua orang di dunia ini memilikinya. Intinya, syukuri dahulu ponsel android anda dan barulah terapkan beberapa cara yang ada dibawah ini.

1. Gunakan Softcase atau Hardcase Untuk Melindungi Ponsel Anda


Cara pertama yang ingin kami bagikan kepada anda adalah melindungi ponsel dengan menggunakan softcase atau hardcase, meskipun ini cukup simple untuk anda lakukan. Penggunaan pelindung body ponsel ini cukup ampuh untuk menghindari goresan ataupun benturan ketika ponsel jatuh atau dimasukkan ke dalam celana.

Intinya penggunaan softcase maupun hardcase bisa anda coba agar ponsel lebih awet dan tahan lebih lama lagi. Biasanya setiap kali anda melakukan pembelian ponsel baru, sudah mendapatkan softcase gratis di dala kotak. Jadi, jangan gengsi untuk memakai softcase, tidak perlu memamerkan merk ponsel anda kepada orang lain. Intinya, tetap jaga keselamatan ponsel agar tetap awet.

2. Pasang Anti Gores Pada Layar Ponsel Anda


Meskipun sudah banyak ponsel baru yang memakai pelindung layar degan sebutan Gorilla Glass, tetapi kami tidak cukup yakin 100% bahwa penggunaan antigores ini akan melindungi ponsel anda secara penuh. Untuk antisipasi, ada baiknya anda memakai tambahan antigores yang dijual dengan harga cukup mudah, setidaknya dengan uang 50 ribu saja anda bisa mendapatkan antigores dengan kualitas terbaik. 

Fungsi antigores ini untuk memberikan perlindungan tambahan jika sewaktu-waktu ponsel jatuh atau terkena benda tajam. Hal ini dimaksudkan agar layar gorilla glass pada ponsel anda tidak rukak atau pecah, karena cukup sayang kalau harus menggantinya lagi. Terlebih harga setiap layar itu berbeda-beda, jika ponsel anda memiliki harga 10 juta ke atas, sudah pasti itu bakalan mahal untuk pergantian layar ponsel.

3. Hindari Ponsel Dari Kondisi Basah atau Terkena Air


Beruntung kalau anda bisa memiliki ponsel yang sudah support dengan waterproft atau tahan percikan air, nah bagi anda yang tidak memiliki ponsel dengan ketahanan dari cairan basah. Ada baiknya untuk terus berhati-hati, besar kemungkinan kesalahan bisa terjadi kapan saja tanpa di sengaja. 

Untuk karena itu, jangan sampai ponsel baru anda masuk ke dalam air atau terkena cairan basah, karena jelas akan berpengaruh pada komponen yang ada di dalamnya. Terlebih lagi, komponen ponsel itu cukup ribet dan mudah sekali terbakar. Masuknya air ke dalam komponen bisa mengakibatkan konsleting listrik, sehingga membuat ponsel bisa mati total atau tidak bisa dihidupkan kembali.

4. Hentikan Pemakaian Ponsel Dalam Beberapa Jam Saja


Bermain ponsel merupakan hal yang sangat menyenangkan, bahkan ketika anda tidak memegang ponsel sehari saja akan terasa sangat sepi. Berbeda dengan tahun 90 an dulu, yang mana semua orang bisa mendapatkan kesenangan bermain dengan teman dan keluarga tanpa memegang smartphone, karena kebetulan juga di waktu itu belum ada.

Berada di era modern seperti ini, setiap saat bahkan di dalam keluarga sudah sibuk dengan smartphonenya masing-masing. Tidak mengherankan kalau era modern membuat banyak orang menjadi acuh tak acuh dengan kondisi di sekitar mereka.

Nah, kami memiliki tips ampuh juga agar ponsel tetap awet, cobalah buat jadwal di dalam keluarga untuk tidak memakai ponsel dalam hari-hari tertentu. Misal di hari minggu, habiskan waktu dengan keluarga untuk bercerita atau bermain bersama. Ini adalah cara yang mudah untuk merawat ponsel anda agar tetap awet tahan lama, karena kami tahu penggunaan ponsel yang intens bisa menyebabkan penurunan perfoma dari ponsel itu sendiri.

5. Jangan Terlalu Sering Memakai Ponsel Untuk Bermain Games


Cara agar ponsel anda tetap awet tahan lama, hentikan penggunaan ponsel untuk bermain games dalam waktu yang cukup lama. Misalnya kalau anda sekarang bermain games bisa menghabiskan waktu 4-5 jam, mulailah dengan bermain hanya 1 jaman saja. Kemudian anda bisa mematikan ponsel agar mesin di dalamnya bisa beristirahat terlebih dahulu.

Ponsel yang dipaksa untuk terus menerus bekerja, bisa menurunkan perfoma dan kinerja dari ponsel itu sendiri. Sehingga tidak mengherankan kalau anda pernah merasakan perbedaan perfoma pada saat awal beli dan beberapa bulan setelahnya. Ini menandakan bahwa ponsel anda sudah mengalami penurunan kinerja.

6. Hindari Bermain Ponsel Sambil Dicharger


Kemudian tips berikutnya untuk merawat ponsel agar awet tahan lama, hindari memainkan ponsel dengan cara di charger. Ini membuat suhu ponsel bisa meningkat drastis. Contoh saja, ada banyak sekali anak-anak yang suka bermain games dengan kondisi ponsel di charge, akibatnya suhu baterai meningkat hingga tembus 40 derajat lebih. 

Skenario terburuknya, mempercepat umur masa pakai baterai dan kinerja ponsel akan melambat. Tidak heran kalau anda melakukan hal ini selama berbulan-bulan, baterai mudah sekali drop atau boros. 

7. Hindari Instal Aplikasi Berbahaya Dari Internet


Cara lain untuk merawat ponsel baru anda adalah hindari menginstal aplikasi dari pihak ketiga seprerti dari internet atau beberapa situs lainnya. Aplikasi yang ada di internet belum di seleksi secara ketat oleh google, sehingga bebas di download oleh siapapun.

Berbeda dengan Google playstore, setiap aplikasi yang ada di sana sudah di seleksi oleh playprotect untuk melindungi keamanan data dari setiap penggunanya. Jadi ini penting untuk anda perhatikan dengan baik, terlebih kalau anda stidak mau ponsel kemasukan virus berbahaya.

Sampai disini dulu tips dari kami, semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit membantu anda untuk menjadi orang yang lebih disiplin dan teliti untuk merawat ponsel android. Terimakasih.