Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Daftar Isi [Tampil]
Tips Mengatasi RAM Android Penuh
Tips Mengatasi RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit 
Trikwiki.com - RAM (Random Access Memory) adalah sebuah hardware yang ditanamkan pada android untuk menyimpan data sementara saat melakukan pekerjaan yang mana pekerjaan tersebut secara acak dilakukan. Pekerjaan apa sajakah itu? Pekerjaan yang disimpan secara sementara adalah pekerjaan yang kita lakukan saat membuka aplikasi. Semakin banyak pekerjaan akan semakin besar peluang RAM Android Penuh.

Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa kinerja RAM sangat dipengaruhi oleh aplikasi itu sendiri. Semakin banyak aplikasi yang kita install, maka akan semakin banyak RAM yang terkonsumsi. Apalagi jika aplikasi tersebut secara aktif sering kita gunakan secara bersamaaan dengan aplikasi lainya atau multitasking.

Namun, pernahkah kalian berfikir dan mengecek terhadap keadaan benda yang satu ini di ponsel kalian? Lalu mendapati bahwa ruang RAM android Penuh, padahal aplikasi yang kalian install hanya sedikit? Di artikel kali ini kita akan mengulas kejadian tersebut sekaligus memberikan solusi untuk masalah ini.

Baca Juga: 6 Ponsel Android RAM Besar Harga Murah Tahun Ini 2020

Kenapa RAM Android Penuh padahal Aplikasi Hanya Sedikit?

Mungkin kamu telah mencoba berbagai upaya seperti menguninstall aplikasi – aplikasi kesayangan dan hanya menyisakan aplikasi – aplikasi yang memang penting saja. Bisa jadi kamu melupakan beberapa hal. Beberapa hal dibawah ini mungkin adalah penyebab lain RAM Android kamu menjadi cepat penuh.

1. Aplikasi Bawaan yang Berjalan Terus Menerus

Jika kalian membeli smartphone Android baru, pasti kalian menemukan beberapa aplikasi bawaan yang terinstal sejak pertama kali digunakan. Sayangnya beberapa aplikasi tersebut tidak bisa dihentikan atau di uninstall.

Aplikasi yang tidak bisa dihentikan ini adalah aplikasi sistem yang membuat RAM menjadi penuh, karena aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang.

2. Sering Multi Tasking

Multi tasking adalah menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam satu watu, misalnya saat chating sambil mendengarkan musik atau menonton video Youtube dengan fitur split screen. Hal ini tentu menambah beban kerja RAM kamu. Maka tak jarang, jika beberapa ponsel mengalami lag bahkan mati saat melakukan aktivitas ini.

3. Aplikasi Game Online

Untuk kamu yang hobi bermain game online, kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa aplikasi game online memang menyita banyak ruang RAM. Aplikasi di smartphone kalian bisa saja hanya sedikit.

Namun, ketiga digunakan untuk bermain game menjadi lag parah karena RAM yang penuh bahkan tidak mendapat peringatan dari game itu sendiri bahwa RAM kalian penuh, karena memang, sistem aplikasi tersebut yang membutuhkan ruang yang besar.

4. Terlalu Sering Melakukan Update Aplikasi

Aplikasi terbaru memang terkadang menawarkan fitur yang membuat penggunanya kagum. Sehingga mereka menjadi tergoda untuk melakukan update. Namun, seiring terjadinya penambahan fitur baru dalam sebuah aplikasi, tentunya akan semakin banyak memory yang akan terpakai.

5. Aplikasi Pembersih RAM pihak ke tiga

Pada awalnya, kamu menginstal aplikasi ini mungkin bertujuan untuk membersikan RAM. Namun, aplikasi tersebut bisa jadi malah menambah beban RAM, karena aplikasi ini akan terus menerus berjalan di latar belakang untuk menghentikan aplikasi – aplikasi yang berjalan.

Baca Juga: Cara Cek dan Menghentikan Aplikasi yang Memakan RAM

Solusi Untuk Mengatasi Memory RAM yang Cepat Penuh

Memang tidak lengkap rasanya apabila kita hanya membahas mengenai penyebabnya saja tanpa memberikan solusi kepada kalian. Kalian yang datang kesini pastinya juga ingin mendapatkan solusi dari masalah kalian bukan? Oke langsung saja, kita bahas solusi untuk mengatasi RAM android yang selalu penuh ini.

1. Hentikan Aplikasi Sistem

Ini adalah cara utama dan wajib kamu lakukan, karena pada dasarnya RAM akan menyimpan aktivitas aplikasi yang berjalan. Maka, untuk kamu perlu menghentikannya supaya RAM tidak menyimpan aktivitas aplikasi tersebut.

Aplikasi sistem adalah aplikasi yang biasanya akan terus berjalan saat tidak digunakan. Beberapa memang berpengaruh pada kinerja Handpone. Namun, beberapa diantaranya banyak yang tidak berpengaruh antara lain Google Play Service, Google Play Store, GTalkService, Google Maps dan Network Location.

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghentikan aplikasi sistem tersebut. Jika kamu menghentikan beberapa aplikasi diatas, kinerja ponsel kamu tetap bisa normal tanpa ada masalah sistem yang fatal kok.

2. Paksa Henti Aplikasi

Sepertinya memang bukan sebuah keputusan yang bijak, namun cara ini sudah penulis terapkan dan terbilang cukup ampuh loh! Terkadang sebuah aplikasi akan terus berjalan di latar belakang saat tidak digunakan. Untuk itu, kamu harus menghentikannya secara paksa.

Beberapa aplikasi yang sering berjalan di latar belakang ini biasanya adalah aplikasi online yang sering mengirimkan notifikasi kepada ponsel kita, misalnya aplikasi chating,e-mail, dan social media. Kamu bisa menghentikan aplikasi tersebut beberapa saat jika sedang tidak digunakan.

Cara ini mungkin sedikit mengganggu bagi kamu yang ingin selalu mendapatkan notifikasi secara real-time. Namun, jika kamu sering melakukan aktivitas seperti bermain game yang mana akan sangat mengganggu jika ada notifikasi yang muncul tiba – tiba, cara inisangat direkomendasikan.

3. Hindari Memasang Beberapa Aplikasi yang Fungsinya Sama

Tak jarang pengguna Android memasang beberapa aplikasi yang fungsinya sebenarnya sama saja. Sebagai contoh, kamu memasang beberapa jenis aplikasi browser seperti Chrome, Mozilla Browser , UC Browser, Opera Mini dalam satu ponsel. Padahal aktivitas tersebut hanya akan menambah beban RAM dan memori internal.

Jika kamu terlanjur melakukannya, maka uninstall saja dan sisakan satu yang menurut kamu paling pas digunakan untuk kebutuhanmu.

4. Hindari Memasang Aplikasi pihak ke tiga yang Mempunyai Fitur Sama dengan Aplikasi Bawaan

Solusi ini sedikit mirip dengan solusi sebelumnya. Beberapa ponsel sebenarnya sudah memiliki aplikasi bawaan yang bertujuan mengoptimalkan kinerja ponsel. Namun, tak jarang dari kita kurang puas dengan kinerja aplikasi tersebut dan memilih menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Jika RAM yang kamu gunakan masih tersisa banyak, tidak masalah.

Namun bagaimana jika RAM yang kamu miliki hanya sedikit? Tentu cara tersebut tidaklah direkomendasikan, mengingat kebanyakan aplikasi bawaan juga tidak bisa di hapus. Apabila kamu memang kekeh untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut, jangan lupa untuk menghentikan aplikasi bawaan secara paksa supaya kedua aplikasi tersebut tidak berjalan bersamaan.  Aplikasi– aplikasi yang sering digunakan antara lain adalah aplikasi pembersih ponsel, dan penghemat baterai.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pembersih RAM Android Ringan dan Powerful Dibawah 10 MB

Sekian ulasan mengenai penyebab RAM android penuh padahal aplikasi sedikit dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa memberi jawaban atas kebingungan sobat Triwiki mengenai memori RAM yang begitu cepat untuk penuh. Sobat Triwiki bisa menerapkan solusi – solusi diatas untuk memberikan kinerja yang lebih baik pada ponsel.

Apabila kamu telah menerapkan cara diatas, namun masih saja memori RAM ponsel penuh, mungkin masalahnya memang berada dikarenakan RAM android kamu terlalu sedikit sehingga tidak sanggup untuk mengimbangi tempat – tempat yang dibutuhkan untuk aplikasi jaman sekarang. Jika sudah seperti itu, maka solusi terbaik memang dengan mengganti ponsel yang memilki RAM lebih besar. Zaman Sekarang ini, untuk mendapatkan ponsel dengan RAM besar namun dengan harga murah tidak susah kok. Di artikel selanjutnya, kita akan bahas mengenai ponsel Android RAM besar harga murah.