Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ketahui Medsos Yang DiHack Dengan Metode Phising

Daftar Isi [Tampil]
Cara Ketahui Medsos Yang DiHack Dengan Metode Phising
Cara Ketahui Medsos Yang DiHack Dengan Metode Phising
Trikwiki.com - Akun sosial media begitu populer di kalangan pengguna Internet, bahkan dengan jumlah penduduk sekitar 267 juta jiwa, 60% adalah pengguna sosial media aktif yang sampai detik ini memanfaatkan medsos sebagai dunia kedua karena menawarkan berbagai fitur menarik seperi mencari pertemanan, berbincang-bicang dengan sahabat, upload aktivitas sehari-hari dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun akun sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter merupakan sosial media yang sudah lama ada dan memiliki jumlah pengguna puluhan juta, tetap saja ada sisi gelap dari sosial media yang anda gunakan dan besar kemungkinan para hacker diluar sana bisa dengan mudah masuk dan meretas akun sosial media anda, tidak mengherankan kalau detik ini masih banyak khasus sosial media yang berhasil di hack karena sistem keamanannya yang kurang.

Itulah alasan kenapa sosial media seperti Facebook masih menggunakan sistem keamanan ganda hingga 3 lapis, mulai dari password, kode verifikasi login dan kode salinan cadangan. Ini membuktikan kepada kita semua bahwa password yang kita pakai masih sebagian kecil yang mudah sekali untuk di bobol oleh hacker-hacker berpengalaman di luar sana, selain itu juga tidak banyak orang yang tahu bahwa akun sosial media mereka sedang dalam target para hacker.

Cara Mengetahui Medsos Yang Sedang di Hack Orang Lain

Berikut ini kami ingin memberi tahu kepada anda semua seperti apa cara mudah melihat atau mengetahui apakah akun sosial media anda sedang dihack oleh seseorang. Cara ini bisa 100% berhasil jika diterapkan dengan benar. Silahkan simak baik-baik.

1. Iklan Produk dengan Harga Tidak Masuk Akal

Iklan Produk dengan Harga Tidak Masuk Akal

Iklan yang masuk di akun sosial media anda mungkin terbilang umum karena sejatinya facebook dan IG merupakan satu perusahaan yang memang membebaskan untuk pengguna akun bisnis beriklan produk atau jasa yang sudah sesuai ketentuan dari perusahaan. Hanya saja terkadang tidak semua iklan yang masuk ini benar-benar masuk akal untuk dilihat, maksud kami disini adalah harga dari produk tertentu di iklan tidak bisa dinalar karena mungkin terlalu murah atau malah terlalu mahal.

Munculnya iklan seperti ini juga bisa menjadi indikasi bahwa akun sosial media anda sedang disisipi dengan iklan atau sistem yang memang bekerja secara tersembunyi, jarang banyak pengguna yang memperhatikan hal ini, padahal kalau kita lebih teliti lagi, itu adalah malware atau seperti halnya sistem yang memang sengaja dimasukkan oleh oknum yang memiliki skill bagus dibidang hacker. Apalagi kalau iklan yang berbau obat-obatan atau konten dewasa, sering sekali kami melihat banyak pengguna yang sharing pengalaman mereka mengenai ikaln seperti ini.

2. Pesan Permintaan Tolong

Pesan Permintaan Tolong

Berikutnya untuk mengetahui apakah akun sosial media anda menjadi target pada hacker terlihat juga dari pesan atau inbox masuk yang intinya meminta pertolongan kepada anda untuk melakukan sesuatu seperti halnya yang berhubungan dengan akun sosial media. Jangan pernah sekali-kali membuka atau berinteraksi langsung dengan pesan mencurigakan seperti ini, apalagi kalau itu bukan kerabat atau keluarga anda secara langsung. Biasanya chat masuk seperti inbox ini tidak memiliki foto profil dan informasi di akunnya kosong atau sangat mencurigakan sekali. 

Ini penting untuk anda pahami, banyak khasus penipuan dan hal-hal buruk lainnya setelah menanggapi inbox dari orang yang tidak dikenal. Kasus terbaru yang seringkali terjadi adalah mengaku sebagai saudara atau keluarga yang sedang mengalami musibah, anehnya orang yang menginbox anda meminta tolong ini secara tidak langsung mengenal keluarga, nama teman-teman dan kerabat dekat anda sehingga banyak orang yang mudah terpancing dan treyuh untuk membantunya. 

Biasanya akan meminta sejumlah dana yang boleh dikatakan tidak terlalu besar, contoh nominalnya 50 ribu sampai 500 ribu paling besar. Maka dari itu, untuk memastikan dengan benar apakah orang tersebut berkata benar atau memang ada niat menipu, hubungi saudara anda yang dimaksudkan terkena musibah dll.

3. Pesan Menawan dengan Link Misterius

Pesan Menawan dengan Link Misterius

Pernahkah anda mendapatkan sebuah pujian dari orang yang tidak dikenal ? Target atau korban yang paling sering adalah perempuan karena mereka makhluk yang paling mudah tesanjung jika di puji cantik atau lain-lainnya. Biasanya orang yang memuji ini akan memberikan sebuah link yang menyuruh korban untuk membukanya, tujuanya dari link ini nantinya adalah memberitahu kepada orang yang melakukan inbox tadi informasi akun login secara misterius, hal seperti ini bisa dibilang sebagai metode “ Phising “

Jadi anda perlu waspada kalau ada orang inbox dengan bahasa yang halus dan memuji namun menyuruh anda untuk membuka link tertentu dengan maksud lain. Cara seperti ini adalah jebakan Phising yang banyak dipakai para hacker untuk memperole informasi baik nomor IP laptop, HP atau data pribadi korban.

4. Pemberitahuan Menang Lotre Jutaan

Pemberitahuan Menang Lotre Jutaan

Cara ini hampir sama dengan nomor tiga, kalau yang nomor tiga tadi berupa pujian atau sanjungan yang ditunjukkan kepada korban, tetapi untuk yang nomor 4 ini adalah pemberitahuan menang lotre dengan nominal yang besar dan tentu orang yang mudah tergiur bisa terjebak dengan mudah. 

Secara misterius orang yang mengirimkan pesan inbox menang lotere ini bisa tahu nomor telfon anda dan nama anda secara tidak langsung, selanjutnya untuk memastikan hadiah itu milik anda, mereka akan menyuruh untuk klik link yang ada dikirimkan lewat pesan tersebut. Alahasil jika anda klik dan masuk kelink tersebut tersebut, maka mereka sukses membuat anda terjebak dalam jebakan Phising.

Akhir Kata

Dengan adanya penjelasan diatas, kami harap anda selalu berwaspada karena banyak kejahatan yang sedang mengintai kita setiap saat baik itu kejahatan secara fisik maupun secara mental seperti hack sosial media kita. Maka dari itu, jangan pernah sekali-kali memberikan informasi data diri secara lengkap atau asli di akun sosial media seperti Facebook dan Ig atau yang lainnya, karena kita sendiri tidak pernah tahu apakah akun sosial media itu benar-benar aman dan tidak menjual data diri kita ke pihak ketiga. 

Mungkin anda harus bertanya-tanya, mengapa Facebook memberikan fitur gratis kepada semua orang, apa untungnya untuk mereka ? Inilah yang selalu menjadi pertanyaan banyak orang selama ini, apakah berasal dari iklan ? Itu salah satunya, sisanya anda bisa analisa sendiri.

Baik sampai disini dulu informasi yang bisa kami sampaikan tentang mengetahui apakah akun sosial media di hack atau tidak, semoga tips ini sedikit membantu atau setidaknya memberikan peluang kecil agar anda tidak terjebak dalam penipuan atau tindakan “ Phising “ oleh oknum-oknum tertentu. Silahkan anda simak informasi kami lainnya tentang dunia hacking yang mungkin cukup bermanfaat untuk anda terapkan. Sekian dan terimakasih.