Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek dan Menghentikan Aplikasi yang Memakan RAM

Daftar Isi [Tampil]
Cara Cek Aplikasi yang Memakan RAM
Cara Cek dan Menghentikan Aplikasi yang Memakan RAM 
Trikwiki.com - perkembangan teknologi terus meningkat seiring berjalannya waktu. Seiring dengan peningkatan tersebut, aplikasi – aplikasi yang ada di smartphone juga terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut dilakukan juga tak lain tak bukan juga untuk memenuhi kebutuhan kita. Namun, bagi pengguna smartphone nampaknya ini adalah sebuah bencana, karena semakin ke sini semakin banyak aplikasi – aplikasi yang memakan RAM.

Pasti sobat trikwiki juga sadar, bahwa semakin ke sini, semakin banyak saja aplikasi – aplikasi dan game yang memiliki grafis tinggi yang semakin populer, serta terus bermunculan smartphone jenis baru untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi – teknologi tersebut. Namun, untuk sekarang ini, sudah ada banyak juga kok produsen smartphone yang menawarkan HP Android RAM besar Harga Murah.

Dengan menggunakan smartphone android yang memiliki RAM besar tersebut, pastinya resiko ponsel nge-lag dan force close sudah di minimalisir. Jika kamu sudah punya budget untuk ponsel tersebut dan ponsel sobat kapasitasnya masih dibawah 2GB maka memang disarankan untuk menggantinya, setidaknya dengan ponsel yang ideal untuk penggunaan standar, minimal RAM/Internal 3/32 GB.

Ketika kamu memutuskan untuk membeli ponsel dengan ukuran RAM dan Internal yang lebih besar, jelas ini merupakan cara yang lebih praktis untuk mendapatkan kinerja ponsel yang lebih lancar dari pada harus oprek sana sini dengan alasan supaya kinerja ponsel lebih maksimal. Namun, tentu tidak semua orang bisa membeli ponsel dengan mudah, semudah membalikkan telapak tangan.

Sebenarnya, ada banyak penyebab, kenapa ponsel android menjadi lemot. Hal ini bukan karena RAM saja, tetapi ada juga unsur lain seperti prosesor, malware dan lainnya. Nah, untuk itu sebelum memutuskan untuk menyalahkan RAM di ponsel sobat, ada baiknyca, cek dulu Aplikasi mana saja yang paling banyak memakan RAM lalu hentikan aplikasi tersebut.

Cara Cek Aplikasi yang Memakan RAM dan Menghentikannya

Pada dasarnya RAM hanya akan digunakan oleh aplikasi – aplikasi yang sedang aktif digunakan. Namun, pihak developer aplikasi biasanya juga memberikan fitur di aplikasi mereka untuk berjalan di latar belakang. Mungkin sekarang kamu bertanya Loh kok begitu? Kan, malah bikin ponsel jadi lemot. Fitur berjalannya aplikasi di latar belakang ini, sebenarnya juga untuk memenuhi kebutuhan penggunanya .

Biasanya adalah untuk memunculkan sebuah notifikasi. Bayangkan saja, jika kalian mendapat pesan WhatsApp di pagi hari dari teman kamu. Lalu aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakang. Nah, pop up yang biasnya ditampilkan tersebut tentu tidak akan muncul. Untuk itu, sebelum melakukan cara dibawah tentukan dulu aplikasi mana yang menurut sobat trikwiki notifikasinya tidak terlalu penting. Berikut cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek aplikasi yang memakan RAM banyak dan cara menghentikannya.
  • Pergi ke Pengaturan / Setting telpon.
  • Temukan Pengaturan lainya, biasanya ada di bagian paling bawah, scrool saja sampai ketemu.
  • Cari pilihan Manager Aplikasi Kemudian, lalu klik menu tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul kumpulan aplikasi yang kamu install dan informasi seberapa banyak RAM yang digunakan.
  • Scrool ponsel sobat, biasanya kalau tidak ke kiri ya ke sedang berjalan kanan, lalu temukan aplikasi yang berjalan
  • Nah, setelah itu kamu akan melihat aplikasi mana yang selalu berjakan di latar belakang. Tinggal di tap saja aplikasi yang mau dihentikan dan dirasa kurang penting namun ternyata itulah aplikasi yang memakan RAM. Setelah di tap, klik paksa henti / force close.

Demikian Seperti itulah, cara melihat aplikasi yang memakan RAM dan cara menghentikannya, semoga bermanfaat untuk semua sobat trikwiki di sana.

Post a Comment for "Cara Cek dan Menghentikan Aplikasi yang Memakan RAM "