Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Agar Hp Xiaomi Terhindar Dari Virus

Daftar Isi [Tampil]
Tips Agar Ponsel Xiaomi Terhindar Dari Virus Berbahaya
 Cara Mudah Agar Hp Xiaomi Terhindar Dari Virus 

Trikwiki.com - Bagi anda para pengguna xiaomi seringkali diresahkan oleh berbagai masalah yang ada di dalam ponsel mulai dari terjangkit virus hingga beberapa hal yang berhubungan dengan masalah update atau garansi service. Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi kepada anda tentang cara mudah agar hp xiaomi yang anda miliki sekarang ini terbebas dari virus berbahaya.

Kita tahu kalau ponsel Xiaomi buatan China ini belum bisa dikatakan 100% memiliki kemampuan dari sektor keamanan virus, kebanyakan ponsel Xiaomi sendiri dibuat dengan sistem yang lebih simple, meskipun spesifikasi yang di usung cukup lumayan dan dibandrol dengan harga murah. Namun, sebagian pengguna yang memiliki ponsel Xiaomi tidak sepenuhnya yakin dengan sistem keamanan ponsel yang disematkan di dalamnya.

Penyebab Hp Xiaomi Lebih Mudah Kemasukan Virus

Untuk karena itu, banyak sekali ponsel-ponsel Xiaomi lebih mudah kemasukan virus berbahaya. Alasa kami menulis artikel ini, berdasarkan beberapa pengalaman dari para pengguna yang sempat mengeluhkan hal ini cukup lama. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat handphone xiaomi mudah kemasukan virus berbahaya dibandingkan ponsel lainnya:

A. Adanya Blotware Iklan Yang Ada di Dalam HP Xiaomi

Alasan pertama yang membuat ponsel satu ini lebih mudah kemasukan virus adalah karena dari awal pembelian, Xiaomi sudah menempatkan bloatware iklan di dalam ponsel mereka. Ini mereka lakukan, untuk mendapatkan keuntungan tambahan dari penjualan ponsel. Menurut beberapa sumber yang kami dapatkan, penempatan iklan pada hp xiaomi sebagai penghasilan tambahan bagi produsen karena secara pasar mereka menjual ponsel dengan harga yang murah atau dibawah rata-rata harga ponsel pada umumnya.

Sebagai contoh saja, dengan uang 1.5 juta, anda sudah bisa mendapatkan ponsel Xiaomi dengan spesifikasi yang terbilang lumayan. Inilah yang membuat produsen menaruh iklan pada produk mereka, untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Terlebih lagi, pengguna ponsel ini bisa tembus puluhan juta orang. Tentu pendapatan dari iklan juga lebih besar.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus Malware Berbahaya di Android

B. Versi Distributor Lebih Rawan Terkena Virus

Ponsel Xiaomi yang beredar dipasaran itu banyak jenisnya, mulai dari yang resmi, distributor dan blackmarket. Ketiganya tidak memiliki perbedaan secara mencolok kalau dilihat dari bentuk fisiknya, hanya saja untuk ponsel-ponsel resmi Xiaomi bisa diketahui dengan mudah dari tampilan dusbook yang disana tertulis made in Inonesia atau dibuat di Indonesia.

Sedangkan ponsel Xiaomi Distributor sebenarnya bisa dikatakan resmi, tetapi memberikan garansi bukan perusahaan seperti TAM atau SPANDEX, melainkan konter atau orang yang menjual ponsel tersebut. Kemudian untuk jenis ponsel blackmarket, ini adalah jenis ponsel yang tidak melewati bea cukai sehingga cukup rawan di pakai.

Alasan pertama kenapa ponsel black market cukup rawan, pertama besar kemungkinan sudah diganti dengan custom ROM dan kedua, pemerintah Indonesia per april 2020 ini akan memblokir IMEI dari ponsel blackmarket itu sendiri. Jadi, pastikan anda membeli ponsel Xiaomi yang resmi atau terdaftar di Xiaomi Indonesia, jangan membeli yang distributor atau Ilegal ( Black Market ). Selain garansinya tidak terjamin, ponsel xiaomi blackmarket dan distri lebih mudah kemasukan virus.

Tips Agar Ponsel Xiaomi Terhindar Dari Virus Berbahaya

Dari 2 penyebab diatas, kami rasa sudah cukup jelas kalau handphone Xiaomi cukup mudah kemasukan virus, terlebih ponsel-ponsel yang tidak resmi atau blackmarket. Lebih baik belilah ponsel Xiaomi yang resmi dari Konter terpercaya atau langsung ke Xiaomi Official website. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar ponsel Xiaomi anda tidak mudah kemasukan virus. Silahkan simak dibawah ini:

1. Jangan Pernah Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga dari Internet


Salah satu cara mudah untuk menghindari virus di ponsel Xiaomi adalah jangan pernah namanya menginstal aplikasi dari pihak ketiga, Kami seringkali mendapati banyak orang yang memilih untuk mendownload aplikasi di internet karena di playstore tidak ada. Seharusnya anda paham kenapa Playprotect tidak mengijinkan aplikasi tersebut ada di dalam Google playstore, alasan pertama dan utama karena di indikasi memiliki virus berbahaya di dalamya sehingga butuh disaring secara ketat oleh Play protect sebelum di gunakan para pengguna.

Jadi, kalau anda tetap nekad untuk mendownload aplikasi dari internet atau pihak ketiga, maka itu salah anda sendiri karena udah ada peringatan setiap kali ingin menginstal aplikasi dari internet. Contohnya, anda harus membuang centang pada bagian perizinan terlebih dahulu. Aplikasi dari pihak ketiga ini bukan hanya menyebarkan virus kedalam ponsel anda saja, tetapi mereka mencuri beberapa data penting yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan, baik itu data diri dari si pengguna atau data kartu kredit yang bisa dipakai.

Baca Juga: Tips Mudah Membersihkan Virus Hp Android Paling Efektif

2. Rutin Untuk Melakukan Pembersihan Secara Berkala


Cara kedua agar ponsel anda terhindar dari virus berbahaya adalah selalu rutin untuk melakukan pembersihan secara berkala. Maksud pembersihan secara berkala ini adalah membersihkan cache atau sampah yang tidak terpakai hasil uninstall app atau yang lainnya. Beberapa ponsel Xiaomi terkadang tidak bisa membersihkan sampah hingga 100% habis, selalu meninggalkan sampah atau history cache dengan ukuran yang lumayan besar.

Jadi, cara yang paling tepat agar hp anda terhindar dari virus berbahaya adalah dengan membersihkan sampah secara rutin dengan aplikasi bawaan dari Xiaomi atau bisa dari aplikasi pihak ketiga yang terpercaya seperti app cleaner dan lain sebagainya.

3. Hindari Mengakses Situs Berbahaya Seperti Situs Software Gratisan


Kemudian cara ketiga yang bisa anda terapkan agar terhindar dari virus di Hp Xiaomi adalah hindari mengakses ke dalam situs berbahaya seperti software gratisan, situs porn dan masih banyak lagi yang lainnya. Situs-situs seperti ini mengandung banyak virus dan trojan yang berbahaya untuk ponsel anda.

Lebih baik, hindari situs seperti itu. Anda bisa mengakses situs yang tidak di larang atau dibatasi oleh Google. Ciri-ciri situs yang berbahaya, akes ke dalam halaman sangat lamban atau lemot, tidak memiliki sistem keamanan seperti Https atau SSL, dan selalu ada peringatan dari Google bahwa situs tersebut berbahaya.

4. Hindari Klik Link Atau Survey Gratis Yang Tiba-tiba Muncul


Berikutnya tips yang bsia kami berikan kepada anda adalah menghindari klik survey gratisan yang terkadang muncul secara tiba-tiba pada saat anda mengakses internet atau aplikasi gratisan. Survery berbayar seperti ini ada yang memang real namun ada juga yang fake, konsekuensinya kalau anda tetap melakukan klik, besar kemungkinan data-data anda akan terbaca dengan mudah. Inilah yang dipakai oleh oknum tertentu untuk mencuri data penting di dalam ponsel, sembari menyebarkan virus berbahaya.

Baca Juga: 5+ Aplikasi Antivirus Paling Ampuh Untuk Smartphone

Nah, itulah beberapa informasi penting yang bisa kami bagikan kepada anda semua tentang tips menghindari virus berbahaya di Hp Xiaomi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih.

Post a Comment for " Cara Mudah Agar Hp Xiaomi Terhindar Dari Virus "