Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aman Belanja di Toko Online atau Ecommerce


Berbicara mengenai toko online, hampir semua masyarakat di Indonesia saat ini memiliki kebiasaan untuk berbelanja online lewat toko atau ecommerce yang ada di internet. Meskipun hal seperti ini sudah cukup terbiasa dan menjadi trend di kalangan masyarakat, namun masih banyak sekali modus-modus penipuan yang merugikan konsumen.

Jadi anda perlu menerapkan sistem belanja aman di beberapa toko online yang ada di Indonesia. Tidak semua ecommerce besar seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibi, Elevenia, Zalora dan lain-lain itu sudah 100% aman, masih banyak seller abal-abal yang wajib anda hindari karena jelas akan merugikan diri anda sendiri.

Nah, agar hal ini tidak terjadi pada anda, mungkin ada baiknya anda menyimak informasi dari kami tentang tips aman berbelanja di toko online atau ecommerce. Silahkan simak baik-baik informasinya dibawah ini.

Cara Agar Aman Belanja di Toko Online atau Ecommerce


Sebenarnya sudah banyak informasi seperti ini, hanya saja kami ingin berbagi kepada anda tips yang lengkap agar mudah dipahami dan menjadi manfaat untuk para pembaca di internet. Silahkan simak baik-baik penjelasan dari kami.

1. Pastikan toko online yang ada terdaftar resmi


Salah satu cara terbaik untuk belanja online di internet adalah memastikan dengan jelas kalau toko online yang anda tuju benar-benar resmi dan sudah banyak ulasan dari pelanggan lainnya. Mengetahui apakah situs ecommerce tersebut benar-benar resmi bisa terlihat dari jumlah produk yang dijual dan beberapa syarat serta ketentuan yang diberlakukan.

Situs resmi tidak pernah namanya memasang harga dibawah harga umum. Contoh kalau di situs A dan B harganya selisih 1000 rupiah, situs penipu biasanya akan memasang harga lebih murah dengan selisih mencapai 5000 an. Nah ini patut untuk anda curigai dan teliti lebih lanjut lagi.

2. Ulasan pengguna cukup mewakili rasa penasaran anda


Bilamana anda masih belum percaya dengan situs atau toko online tersebut, ada baiknya membaca beberapa ulasan atau review yang ada di dalam situs. BIasanya, ulasan yang natural itu terdiri dari ulasan positif dan ulasan negatif. Jika anda menemukan situs dengan ulasan positif dalam jumlah banyak, anda juga harus patut curiga.

Banyak yang memang memberikan pelayanan baik secara real, bisa juga itu ulasan buatan untuk mencuri perhatian dari calon pelanggan. Contoh saja seperti situs ecommerce Lazada, meksipun sudah sangat besar, namun masih ada ulasan negatif berdasarkan penilaian dari pembeli terhadap seller yang bergabung di Lazada. Ini hanya contoh, agar anda tetap waspada dalam membeli barang dengan harga tinggi di internet.

3. Pastikan toko online memiliki metode COD


COD atau Cash On Delivery sudah menjadi metode pembayaran paling populer yang banyak diterapkan oleh beberapa toko online di Indonesia. Contoh lagi dari Lazada dan Shopee yang sudah menerapkan sistem COD untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada para konsumen mereka.

Metode COD ini juga memberikan rasa nyaman kepada setiap pembeli, karena mereka akan menerima barang terlebih dahulu baru membayarnya. Banyak khasus, pembelian secara online dengan metode transfer dulu, namun barang tidak kunjung datang. Nah, hal seperti ini yang wajib anda hindari, terlebih kalau itu adalah seller yang baru saja bergabung.

Terkadang saja, yang COD masih kena tipu, barang yang dikirim bukan jenis barang yang dipesan. Untuk itu, kami tekankan sekali lagi untuk membaca ulasan atau review dari setiap pembeli, agar anda bisa menyakinkan diri sendiri untuk membeli produk tersebut.

4. Pilihlah seller dengan rating terbaik


Seller atau penjual online yang bergabung dengan Ecommerce jumlahnya banyak sekali, bahkan untuk satu ecommerce besar seperti bukalapak dan Lazada saja bisa memiliki sekitar ratusan ribu seller dengan jumlah produk mencapai jutaan.

Tidak mengherankan kalau belanja online jauh lebih asyik karena banyak sekali pilihan produk yang bisa anda beli, nah yang perlu anda pahami disini adalah jangan pernah memilih seller yang memiliki rating dibawah 3 atau misalnya 1 – 2.

Seller seperti ini tidak bisa dipercaya karena jelas produk yang mereka jual bukan original dan biasanya cacat. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, namun kualitas tidak meyakinkan.

5. Hindari harga murah atau yang tidak wajar

Tips aman belanja online yang berikutnya adalah menghindari yang namanya harga murah atau yang tidak wajar. seringkali kami mendapati beberapa produk yang dijual dengan harga murah. Seperti contohnya saja ponsel yang secara umum masih memiliki harga 2 jutaan, bisa dijual dengan harga 1 juta kebawah.

Nah, harga murah seperti ini patut di curigai. Apakah itu barang benar-benar asli atau barang blackmarket ? Sekali lagi, baca ulasan yang ada untuk menyakinkan diri anda.

6. Selalu sempatkan membaca diskripsi produk secara teliti

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan adalah membaca deskripsi produk secara lengkap dan teliti. Deskripsi produk bisa mewakili rasa penasaran anda terhadap kualitas, kuantitas dan fungsi produk yang dijual.

Pastikan juga produk yang anda terima benar-benar sesuai dengan deskripsi yang dipajang oleh para penjual. Setiap penjual atau seller memang harus wajib memasang deskripsi yang jelas terhadap produk yang mereka jual.

7. Pilih metode pengiriman yang sesuai dengan daerah anda

Beberapa ecommerce besar seperti Shopee, memberikan kemudahan kepada anda sebagai pembeli untuk memilih jenis pengiriman atau ekspedisi yang paling tepat dengan lokasi / alamat rumah anda. Jika rumah anda cukup jauh dengan JNE atau J&T, lebih baik pilih yang paling dekat seperti Ninja ID atau Kantor pos.

Karena kalau posisi ekspedisi pengiriman yang anda pilih cukup jauh, estimasi pengiriman bisa menjadi lama atau sama sekali tidak bisa terkirim. Maka hindari hal tersebut, agar produk atau barang yang anda beli bisa sampai di tangan anda.

8. Pastikan toko online memiliki fitur ‘ pengembalian barang “

Fitur ini sangat berguna jika produk atau barang yang anda terima tidak sesuai dengan keinginan atau mungkin bisa dikatakan cacat. Barang yang cacat harusnya memiliki garansi dan ini harus ada dari setiap toko online yang anda tuju.

Contoh seperti Lazada, pembeli yang menerima barang cacat atau rusak, bisa menukarkan kembali dengan cara mengirimkannya ke gudang Lazada, dari sana pihak Lazada akan meneliti kembali kerusakaan yang ada dan memutuskan hasilnya beberapa hari kemudian. Nah, fitur seperti ini sudah wajib harus ada.

Oke, sekian dulu informasi dari kami mengenai tips aman belanja online di situs ecommerce atau toko online terbesar di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membaca konten kami yang lainnya. Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Aman Belanja di Toko Online atau Ecommerce "