Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Kompres Ukuran Video Dengan Aplikasi Handbrake


Tutorial Kompres Ukuran Video Dengan Aplikasi Handbrake
Tutorial Kompres Ukuran Video Dengan Aplikasi Handbrake

Memiliki sebuah video dengan resolusi besar tentu akan sangat menggangu kapasitas smartphone. Biasanya akan berefek pada kondisi smartphone yang semakin lola ketika digunakan.

Untuk itu, anda harus mengurangi ukuran video yang besar menjadi lebih kecil dengan cara mengkompresnya.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengkompres video yang berukuran besar menjadi lebih kecil. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah mengunakan aplikasi Handbrake.

Aplikasi yang satu ini sudah cukup populer digunakan oleh orang-orang untuk mengkompres video.

Aplikasi Handbrake bisa anda dapatkan secara gratis di playstore, kualitas yang dihasilkan juga sangat baik. Berikut ini adalah beberapa cara kompres ukuran video dengan aplikasi Handbrake.


1. Download Aplikasi 



Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mendownload aplikasi Handbrake terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui playstore.

Untuk ukurannya juga cukup ringan dan tidak akan mengganggu kapasitas penyimpanan smartphone anda pastinya.

Download disini

2. Install Aplikasi 


Apabila apalikasi Handbrake sudah di download, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menginstall aplikasi tersebut.

Pilih saja menu install dan akan secara otomatis aplikasi Handbrake ini dipasang di smartphone anda.

3. Kompres video 


Apabila aplikasi sudah terpasang, anda tinggal membukanya saja. Yang harus anda lakukan hanyalah mencari video yang akan dikompres melalui aplikasi tersebut.

Nantinya muncul tampilan dengan berbagai menu pilihan, untuk mengambil video yang akan dikompres pilih saja menu browse. Setelah itu, pilih video yang akan dikompres.

Pilih MP4 pada menu container kemudian centang bagian web optimized. Dengan begitu, resolusi video yang dihasilkan sesuai dengan yang diunggah di internet.

Kemudian pada menu video bisa anda pilih video codec dengan ukuran H264 (x264). Apabila semua pengaturan sudah disetting, anda tinggal klik menu start saja untuk memulai kompres video tersebut.

Proses kompres video tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa detik atau menit saja. Tergantung dari ukuran video yang akan dikompres, semakin besar ukurannya maka akan semakin lama proses kompres video tersebut.

Apabila proses sudah selesai, anda bisa melihat perubahan ukuran yang terjadi pada video yang sudah dikompres.

Sangat mudah bukan untuk melakukan kompres video yang berukuran besar menjadi lebih kecil dengan menggunakan aplikasi Handbrake.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, pastinya video anda bisa dikompres dengan cepat. Aplikasi ini benar-benar sangat baik dan berkualitas untuk digunakan.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Handbrake


Ada banyak keunggulan yang bisa anda dapatka jika menggunakan aplikasi yang satu ini untuk melakukan kompres video.

Salah satunya adalah aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis oleh siapapun. Anda bisa mengunduhnya melalui playstore dengan mengeluarkan kuota beberapa mb saja.

Aplikasi ini juga sangat mendukung video terbaru yang telah dibuat. Ketika video yang baru anda rekam memiliki ukuran yang besar bisa dikompres dengan menggunakan aplikasi ini.

Kecepatan dalam proses kompres video menggunakan aplikasi Handbrake tersebut benar-benar sangat efektif. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan kompres video menggunakan aplikasi ini.

Jika dibandingkan dengan aplikasi kompres video lainnya, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap.

Berbagai fitur yang ada di dalamnya juga dapat digunakan dengan mudah, baik itu pengguna baru atau yang sudah lama.

Aplikasi Handbrake bersifat open source, anda bisa mengatur berbagai fitur yang ada di dalamnya sesuai yang anda inginkan.

Post a Comment for "Tutorial Kompres Ukuran Video Dengan Aplikasi Handbrake "