Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Lengkap Mengatasi Google Play Store Error

Solusi Lengkap Mengatasi Google Play Store Error
Solusi Lengkap Mengatasi Google Play Store Error

Mediamanfaat.com - Google Play Store bisa mengalami kerusakan atau error, didmana ketika mendownload aplikasi dari Google Play Store, muncul notifikasi kode Error yang berisi nomor acak dari Google Play Store.

Masalah seperti ini dapat terjadi pada smartphone merek apa saja. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi Google Play Store yang error, supaya tidak bingung ketika terjadi pada smartphone milikmu.

Cara Mengatasi Google Play Store Error Atau Force Close


Cara mengatasi awal dapat dilakukan dengan clear cache Google Play Store atau lebih ekstrim melakukan factory reset. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan factory reset karena kerusakan ini, ada baiknya kamu mencoba mengatasinya dengan cara seperti di bawah ini.

Baca Juga: Aplikasi Sering Force Close, Cari Tahu Penyebabnya!

Yang terpenting, lakukan backup terlebih dahulu pada data - data yang ada di smartphone milikmu. Dan di bawah ini disajikan cara menyelesaikan masalah error Google Play Store yang sering terjadi:

1. Google Play - Error yang berupa DF-BPA-09 'Error Processing Purchase'


Masalah ini cukup sering terjadi ketika mendownload aplikasi. Dan sayangnya, masalah ini tidak bisa dilakukan hanya dengan mendownload ulang aplikasi, sehingga harus diperbaiki melalui menu setting.

Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan. Kemudian pilih Aplikasi Manager, kemudian geser ke kolom All. Scroll ke bawah sampai bertemu Google Services Framework dan pilih. Setelah itu, hapus data dan tekan OK.

Jika tidak berhasil, kamu dapat pergi ke situs resmi Google Play melalui laptop, lalu install aplikasi yang bermasalah di smartphone dari sana. Dan seharusnya cara ini dapat membuat proses download berjalan kembali.

2. Google Play - Error 194


Masalah error ini disebabkan ketika mencoba untuk download game atau aplikasi dari Google Play Store.

Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus data cache Google Play. Caranya yaitu masuk ke menu Settings, kemudian klik Application Manager. Lalu pilih tab All Apps dan cari Google Play Store.

Buka rincian dan tekan force stop. Pilih hapus data (clear data). Setelah itu, ulangi proses di atas pada Google Play dan ulangi kembali proses download.

Jika cara ini tidak berhasil, kamu dapat download aplikasi Google Play Store terbaru dan error akan teratasi.

3. Google Play - Error 495


Masalah saat download atau update aplikasi melalui Play Store. Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus semua data Google Play. Selain itu, hapus juga data Google Service Network, dengan catatan harus login ulang Google ID pada smartphone.

4. Google Play - Error 941

Masalah yang muncul ketika ada gangguan selama proses update. Solusinya yaitu dengan menghapus cache dan menghapus data. Setelah itu cobalah untuk melakukan update kembali.

5. Google Play - rh01 Error

Error ini muncul ketika tidak dapat mengambil informasi dari server. Solusinya dapat diatasi dengan menghapus cache Google Play Store, dan lakukan hal yang sama untuk Google Framework Service.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menghapus akun Google, kemudian restart smartphone. Setelah itu login ulang dengan akun Google kamu.

6. Google Play - Error rpc: s-5: AEC-0

Masalah ini terjadi ketika tidak dapat melakukan retrieving information dari server. Cara mengatasinya dapat dengan menghapus cache Google Play Store, Download Manager, dan Google Framework Service, dan uninstall update.

7. Google Play - Error 504

Hal ini terjadi ketika aplikasi tidak dapat didownload karena error. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus cache dan hapus data pada Google Play Store dan Google Services Framework. Cara kedua juga dapat dilakukan dengan menghapus akun gmail, reboot, dan login kembali.

8. Google Play - Error 505

Hal ini terjadi ketika dua atau lebih aplikasi memiliki izin yang sama, sehingga terjadi duplikasi izin. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan uninstall yang mengalami konflik.

9. Google Play - Error 491

Masalah ini bisa terjadi ketika proses download atau update. Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus akun Google yang ada di smartphone.

10. Google Play - Error 498

Terjadi ketika ada gangguan download dari Play Store Google. Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus cache dan aplikasi serta file yang tidak dibutuhkan. Setelah itu restart smartphone dalam modus pemulihan.

Baca Juga: Tutorial Cara Atasi Google Playstore Tidak Dapat Terbuka di Android

11. Google Play - Error 919

Masalahnya yaitu ketika download beberapa aplikasi tetap tidak terbuka setelah didownload. Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus semua data yang tidak diperlukan supaya ruangan memori lebih lega.

12. Google Play - Error 413

Masalah terjadi ketika download aplikasi atau pembaruan yang tidak dapat dilakukan. Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus cache dan hapus data, kemudian force stop.

13. Google Play - Error 921

Terjadi karena tidak dapat mendownload aplikasi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi Google Play Store.

14. Google Play - Paket Berkas tidak Valid

Masalahnya adalah Play Store error. Cara yang dapat dilakukan bisa dengan menghapus cache data, bisa juga dengan mematikan jaringan wifi dan mendownload aplikasi menggunakan jaringan data seluler.

15. Google Play Error - 403

Masalahnya adalah tidak dapat download yang terjadi akibat 2 akun Google digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat. Caranya adalah dengan pergi ke Google Play Store dengan satu akun saja. Uninstall aplikasi dan coba download ulang.

16. Google Play Error - 923

Masalahnya tidak bisa download dan error ketika menyinkronkan akun Google. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus akun Google dan hapus aplikasi yang tidak berguna.

Baca Juga: Cara Download dan Install Play Store dengan Mudah!

Semoga dengan tulisan artikel ini dapat membantu anda untuk menemukan Solusi Lengkap Mengatasi Google Play Store Error pada hp smartphone anda. Terimakasih

Post a Comment for "Solusi Lengkap Mengatasi Google Play Store Error"