Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" di Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi telah Berhenti di Android
Penyebab dan Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi telah Berhenti di Android

Smartphone android meskipun sudah canggih, tetap saja memiliki berbagai masalah. Baik dari hardware maupun software.

Masalah yang terjadi pada software seringnya smartphone mengalami force stop atau berhenti tiba - tiba.

Hal ini dibarengi dengan notifikasi bertuliskan "Sayangnya aplikasi telah berhenti". Bahkan yang lebih menyebalkan, error ini sering menyerang aplikasi yang sering digunakan, seperti WhatsApp, Instagram, Kamera, dan lainnya. Tentu sangat mengganggu, bukan?

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasinya, perlu diketahui apa penyebab aplikasi mengalami force stop hingga notifikasi "Sayangnya aplikasi telah berhenti" muncul. 

Penyebab Aplikasi Mengalami Force Stop di Android


Berikut adalah penyebabnya yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

1. RAM Android Penuh



Untuk smartphone yang memiliki RAM kecil, misalnya 512 MB atau di bawahnya, memang sering mengalami masalah ini.

Hal ini juga dapat disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang diinstall di smartphone dan aplikasi tersebut selalu aktif di balik layar.

2. Menumpuknya File Cache


File cache dapat juga disebut sebagai file sampah, karena sudah tidak digunakan. File ini apabila menumpuk menyebabkan kinerja android menjadi lemot.

Ketika kinerja smartphone lemot, maka sistem pada smartphone akan meningkat dan menyebabkan tidak kuatnya sistem menahan beban tersebut.

3. Aplikasi Masih BETA


Aplikasi BETA maksudnya adalah aplikasi yang masih dalam tahap uji coba.

Apabila aplikas yang kamu install di smartphone masih berupa aplikasi BETA, maka tak heran jika banyak bugs dan kekurangan sehingga kinerjanya belum stabil.

4. Aplikasi tidak Kompatibel dengan Android

Aplikasi yang tidak kompatibel artinya adalah aplikasi yang kamu install tidak cocok untuk smartphone yang kamu gunakan.

Misalnya, aplikasi yang kamu install direkomendasikan untuk Android 5.0 Lollipop atau di atasnya, sementara smartphone milikmu masih Android 4.4 KitKat, sehingga menyebabkan performa aplikasinya tidak berjalan dengan baik. Apalagi kamu sering download aplikasi selain di Google Play.

5. Koneksi Internet Terputus

Koneksi internet yang terputus ternyata juga dapat mempengaruhi aplikasi yang sering keluar.

Ketika sedang menggunakan aplikasi seperti game misalnya, dan internet tiba - tiba off, maka aplikasi tersebut akan memunculkan notifikasi yang mengharuskan kamu untuk keluar dan mengulanginya lagi.

6. Data Aplikasi Corrupt

Data aplikasi yang corrupt tentu saja menyebabkan error ketika aplikasi tersebut dijalankan. Hal ini dapat terjadi ketika kamu mendownload aplikasi bukan dari Play Store, melainkan dari situs penyedia aplikasi.

7. Hardware Smartphone Sudah Tua

Ketika smartphone sudah lama digunakan, hardware smartphone pun mengalami penurunan performa. Jadi tidak heran jika sering muncul notifikasi tersebut.

Cara Mengatasi Masalah "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" atau Force Stop Pada Android


Ketika sudah mengetahui penyebabnya, tentunya kita harus tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi masalah "Sayangnya Aplikasi telah Berhenti" di android:

  • Restart Smartphone : Hal mudah yang dapat kamu lakukan adalah me-restart atau reboot smartphone android untuk menyegarkan kembali smartphone. Karena pada saat itu, tentunya smartphone dalam keadaan panas, sehingga aplikasi berhenti secara tiba - tiba.
  • Hapus Cache Aplikasi : Setelah smartphone menyala, lakukan penghapusan cache aplikasi. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi, dan masuk ke aplikasi yang terunduh. Kemudian, cari aplikasi yang bermasalah lalu pilih "Hapus Cache". Jika memori masih mencukupi, kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master, CCleaner, atau sejenisnya untuk menghapus cache.
  • Update Aplikasi Terbaru yang lebih Stabil : Jika sudah ada pembaruan aplikasi, lakukanlah pembaruan atau update aplikasi. Hal ini dapat membantu supaya aplikasi tidak berhenti secara tiba - tiba.
  • Hard Reset atau Flashing Ulang : Jika semua cara sudah dilakukan namun belum berhasil, kamu dapat melakukan hard reset. Namun, cara ini sangat berisiko dan tidak direkomendasikan untuk kerusakan kecil. 

Hal ini dikarenakan, melakukan hard reset dapat menghapus semua data atau pengaturan yang telah tersimpan.

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" di Android"