Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Mempercepat Kinerja Windows 10 Di PC Atau Laptop

Tutorial Mempercepat Kinerja Windows 10 Di PC Atau Laptop
Tutorial Mempercepat Kinerja Windows 10 Di PC Atau Laptop

MediaManfaat.com - Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dimana sistem operasi yang satu ini memiliki kinerja yang lebih baik dengan versi sebelumnya. Pada tahun 2020 ini, windows 10 sudah diterapkan di semua jenis laptop atau PC terbaru, bahkan versi sebelumnya kini sudah ditutup dan tidak bisa diupgrade. Tak heran jika banyak orang yang menggunakan windows 10 saat ini.

Melihat itu, kinerja windows 10 terdetek masih belum stabil, ada banyak sekali orang-orang yang mengeluh mengenai kinerja windows 10 yang kurang efektif. Mereka harus segera mungkin untuk melakukan perbaikan mengenai gejala yang terjadi pada windows 10 yang semakin lambat. Mungkin di awal-awal pemakaian, kinerja windows 10 sangat cepat. Namun kondisi semakin melemah ketika sudah digunakan sangat lama oleh pemakainya.



Cara Agar Kinerja Windows 10 Menjadi Lebih Cepat di PC/Laptop


Banyak orang yang mencari tahu mengenai tips mempercepat kinerja windows 10. Hal itu dilakukan supaya aktivitas sehari-hari yang dilakukan olehnya bisa diselesaikan dengan cepat. Berikut ini adalah tutorial cara mempercepat kinerja windows 10 yang harus kamu tahu!

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Aplikasi merupakan salah satu software yang ada pada laptop atau PC. Aplikasi yang ada nantinya digunakan sesuai dengan fungsi aplikasi tersebut. Seperti halnya aplikasi Adobe Phothosop, kalian akan memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengedit foto atau hal lainnya menjadi lebih menarik. Kalian bisa menggunakan aplikasi yang ada sesuai dengan keinginan kalian sendiri.

Semakin banyak aplikasi yang ada pada laptop atau PC, hal ini dapat mempengaruhi kinerja windows 10 yang semakin melambat. Apalagi jika ada aplikasi yang kalian tidak pakai namun tetap ada di komputer kalian, hal ini akan mempengaruhi kinerja komputer kalian menjadi sangat lambat. Untuk itu, kalian harus menghapus aplikasi yang tidak terpakai di komputer anda.

2. Membersihkan Kotoran Secara Rutin

Selain termasuk ke dalam perawatan, membersihkan kotoran yang ada di dalam komputer juga dapat mempengaruhi kinerja window 10. Debu-debu yang ada pada komputer bisa saja masuk ke dalam partisi HDD atau komponen lainnya. Sehingga, hal itu dapat membuat komputer kalian menjadi lebih ngelag. Pastinya kalian tidak akan senang melihat komputer kalian kinerjanya semakin lambat.

Untuk membersihkan kotoran yang ada pada komputer, kalian bisa menggunakan kuas kecil atau sikat gigi yang dapat menjangkau bagian-bagian tertentu pada komputer. Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya, pastinya kinerja windows 10 yang ada pada komputer kalian akan berubah menjadi lebih cepat dan efektif. Cara ini wajib kalian lakukan supaya komputer kalian menjadi lebih awet juga.

3. Upgrade Drive

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat kinerja windows 10 adalah dengan mengupgrade drive pada komputer. Biasanya drive yang ada pada komputer lama dapat mengakibatkan kinerja windows 10 semakin melambat. Sehingga, kalian harus mengupgrade nyake drive yang lebih baru lagi. Dengan begitu, windows 10 akan berjalan seperti biasanya.

Untuk melakukannya, kalian harus menggunakan Solid State Drive untuk mengupgrade drive. Teknologi yang satu ini memiliki keunggulan dimana kalian bisa mengakses data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Untuk harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan harddisk. Performa SSD ini pastinya dapat mempercepat kinerja windows 10 yang ada pada komputer kalian.

4. Install Update Terbaru

Di dalam windows 10, sekarang terdapat fitur yang bisa mendeteksi software yang harus diupdate. Untuk melakukannya, kalian tinggal masuk ke menu pencarian dan menuliskan windows update. Jika terdapat program yang terdapat tanda seru atau lainnya, biasanya kalian disuruh melakukan update. Hal ini dilakukan supaya windows 10 yang kalian gunakan tetap mengalami kinerja yang sangat baik.

Untuk melakukannya, sebaiknya kalian gunakan wifi karena akan memakan paket data yang cukup banyak. Kalian bisa melakukannya setiap sebulan sekali pergi ke tempat wifi, akan lebih efektif jika kalian sering pergi ke tempat wifi. Dengan menggunakan wifi akan memudahkan kalian dalam melakukan upgrade. Proses yang dilakukan juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan paket data sendiri.

5. Upgrade RAM

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengupgrade RAM. Fungsi RAM sendiri dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data baik penting maupun tidak penting di dalamnya. RAM sendiri memiliki kapasitas masing-masing, ada yang 2 Gb, 4 Gb, dan lain-lain. Semakin tinggi RAM yang kalian gunakan maka semakin cepat sistem operasi yang bisa kalian jalankan.

Penuhnya kapasitas RAM yang tidak muat juga dapat mempengaruhi kinerja windows 10 yang bakal semakin melambat. Jika kalian sering menjalankan program dan banyak menyimpan file-file, hal itu akan membuat RAM kalian semakin penuh. Untuk itu, kalian harus melakukan upgrade ke RAM yang lebih besar. Dengan begitu, kalian windows 10 yang ada pada komputer kalian bakal berjalan dengan lancar.

6. Repair System

Setiap komputer pastinya akan sering mengalami gangguan atau serangan virus berbahaya. Namun semua itu bisa dicegah dengan mudah, apalagi windows 10 kini menjadi salah satu sistem operasi yang anti dengan virus. Meski begitu, apa saja bisa terjadi pada komputer kalian, bisa-bisa windows 10 pada komputer bekerja menjadi lebih lambat.

Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa menggunakan tool DISM, dimana tool tersebut dapat digunakan dengan aman tanpa harus melakukan install ulang windows 10 yang ada pada komputer anda. Tool yang satu ini memiliki kenerja yang sangat baik untuk memperbaiki kinerja windows 10. Proses yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama, pastinya kalian dapat menggunakannya dengan normal kembali.

7. Matikan Search Indexing

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk membuat windows 10 menjadi lebih cepat kembali ialah dengan mematikan Search Indexing. Untuk melakukannya pun cukup mudah, kalian tinggal masuk ke dalam menu indexing, kemudian tekan tombol modify. Klik show all location dan kemudian pilih apa yang akan dimatikan oleh kalian. Dengan cara ini akan sangat membantu kinerja windows 10 menjadi lebih cepat kembali.

8. Install Ulang Windows 10

Cara yang satu ini sebetulnya tidak efektif untuk dilakukan. Namun jika kalian sudah mencoba beberapa cara di atas dan hasilnya tetap gagal, kalian bisa melakukan cara terakhir ini. Langkah ini bisa saja membuat file-file penting yang ada pada komputer kalian hilang seketika. Namun ada cara yang bisa kalian lakukan supaya file penting tetap aman.

Nah, jika kalian ragu menginstall ulang windows 10, sebaiknya bawa saja ke tempat service komputer. Atau bisa juga kalian meminta bantuan teman kalian yang sudah ahli dalam melakukan install windows 10. Untuk melakukannya, proses yang dibutuhkan lumayan lama, akan lebih efektif jika kalian menggunakan wifi untuk mengistall ulang windows 10. Dengan begitu, kinerja windows 10 akan berubah lebih cepat pastinya.

Post a Comment for "Tutorial Mempercepat Kinerja Windows 10 Di PC Atau Laptop"