Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari

Daftar Isi [Tampil]
Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari

MediaManfaat.com - Blogging merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang yang kerap dianggap sebagai blogger. Belakangan ini banyak sekali blogger-blogger baru yang muncul dengan semangat yang menggebu-gebu.

Hal itu bukanlah sebuah kesalahan, melainkan sebuah bukti bahwa blogger akan tetap ada dan akan selalu terjaga terus hingga suatu saat nanti bahwa tulisan sudah jarang dilihat oleh masyarakat sekitar. Meski begitu, ternyata masih banyak sekali blogger pemula yang melakukan kesalahan bahkan sejak Ia terjun didalam dunia perbloggeran ini.

Nah, apabila kamu merupakan seorang blogger pemula dan tidak ingin melakukan banyak kesalahan didunia blogger mungkin kamu bisa melihat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dibawah ini.

BACA JUGA: 

Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari 



Blogger pemula memang diliputi dengan rasa pengetahuan yang masih minim namun dengan semangat yang menggebu-gebu.

Oleh sebab itu, dengan melihat beberapa kesalahan maka akan jauh lebih mampu dalam meminimalisir kejadian tersebut. Untuk mengetahui apa saja kesalahannya, langsung saja lihat dibawah ini.

1. Niat Mencari Uang Langsung Dari Blog 

Hal yang pertama dibahas adalah niat karena niat adalah kunci untuk menghantarkan ketempat tujuan.
Nah, bagi kamu yang merupakan blogger pemula maka kamu jangan sampai merasakan niat yang satu ini terlebih dahulu.

Hal itu dikarenakan blogger yang memang pemula biasanya belum mengetahui step-step untuk bisa meraih ke posisi tersebut, sehingga jika niat itu yang ditanamkan sejak awal maka malah akan dapat menimbulkan kekecewaan karena tidak sesuai yang diekspektasikan.

Oleh sebab itu, bagi kamu seorang blogger pemula niatkan terlebih dahulu bahwa melakukan aktifitas blogging adalah sebuah kesenangan dan hobi tersendiri sehingga kamu akan tetap haus ilmu dan penasaran akan hal yang ada didalam blogging tersebut.

Nah, untuk urusan mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging tersebut anggap saja itu adalah hasil jerih payah dan bonus dari apa yang kamu usahakan tersebut.

Baru setelah kamu sudah mempunyai ilmu yang lebih dalam, kamu bisa membuat blog atau website tersendiri untuk memulai membuat web money untuk dirimu sendiri.

2. Jangan Menyalin Konten Milik Orang Lain 



Blogging adalah kegiatan yang sudah pasti akan melakukan ketik-mengetik untuk menghasilkan rangkaian kata yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bagi kamu seorang blogger pemula, kamu tidak boleh melakukan penyalinan terhadap konten milik orang lain.

Tidak hanya konten yang ada di internet saja, kamu melakukan penyalinan secara utuh pada buku bacaan yang bukan milikmu saja itu juga sangat beresiko.

Bisa jadi bukan kebaikan yang kamu dapatkan, tetapi malah keburukan seperti dituntut melakukan penyalahgunaan hak cipta milik orang lain.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin melakukan aktifitas blogging, maka biasakan dirimu terlebih dahulu untuk bisa menyukai dunia kata supaya kamu bisa merangkai kata untuk mengisi konten pada blogmu tersebut.

Bagi kamu yang tidak ingin membuat konten sendiri pun, saat ini sudah banyak sekali jasa pembuatan konten yang bisa kamu gunakan untuk mengisi konten pada blog yang kamu punyai tersebut.

3. Tidak Konsisten Dalam Mengembangkan Blog 

Sebenarnya kunci utama dalam melakukan aktifitas blogging ini adalah konsisten baik dalam pembuatan konten maupun dalam mencari informasi mengenai dunia blog lebih dalam lagi terutama bagi kamu yang masih pemula.

Memang konsisten adalah hal yang sangat sulit dilakukan, namun sebagai blogger pemula seharusnya hal itu harus kamu lawan terlebih dahulu jika memang kamu menginginkan sukses dalam dunia blog.

Rasakan terlebih dahulu bahwa membuat konten atau mengisi konten pada blog atau website yang kamu punyai adalah sebuah hobi dan kesenangan, nantinya dengan anggapan seperti itu maka tidak ada paksaan pun kamu akan senang mengisi konten pada blog.

Jika kamu masuk grup-grup blogger yang ada di media sosial apapun, pasti akan banyak sekali orang yang membuka penghasilan yang telah Ia dapatkan dari dunia blogging.

Nah, biasanya dia akan memberitau mengenai niche atau topik yang digarap.

Itulah letak konsistensi, kamu harus jadikan pengalaman orang menjadi semangat bahwa melakukan aktifitas blogging dengan konsisten akan membuahkan hasil nantinya.

Jangan malah kamu ikut-ikutan untuk menyaingi blog tersebut dengan membuat topik yang sama.

4. Membuat Blog Dengan Topik Yang Tidak Dikuasai 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai pengalaman orang dengan topik tertentu.

Kamu harus jadikan hal itu sebagai pengetahuan dan media pendukung untuk memacu dirimu supaya lebih semangat dalam membuat kontenmu.

Bukan malah kamu ikut-ikutan orang tersebut yang dimana kamu belum tentu menguasai topik tersebut.

Bagi seorang blogger pemula, hal itu memang tidak disarankan tapi akan berbeda jika kamu sudah mempunyai landasan dalam melakukan blogging seperti mengetahui teknik SEO, mengembangkan blog, promosi, dan lain sebagainya.

Jika kamu tetap memaksa membuat blog baru dengan topik yang tidak kamu kuasai, tidak hanya nanti akan menghambat blogmu tetapi juga kamu akan kesulitan dalam mencapai kata goal dalam mengembangkan blog.

Hal itu dikarenakan bisa jadi kamu akan stuck atau tidak bisa membuat konten yang berkualitas karena kamu belum menguasai topik tersebut.

5. Melakukan Promosi Yang Salah 

Untuk seorang blogger pemula, memang sebaiknya lebih intens dalam melakukan promosi karena belum banyak teknik SEO yang dikuasai untuk bisa mendapatkan traffic organik dari mesin pencarian yang bertebaran diluar sana.

Dengan melakukan promosi ke media sosial atupun yang lainnya, kamu turut serta dalam memacu perkembangan blogmu dan juga dirimu karena konten yang kamu buat mendapatkan view yang memang menggembirakan.

Namun tak jarang banyak sekali blogger pemula yang salah dalam hal promosi, bukan hanya sulit mendapatkan view pada konten malahan akan merusak kredibilitas dari blog ataupun dirimu sendiri.

Misalkan saja kamu mempunyai blog dengan konten memasak, tapi kamu malah mempromosikannya di grup jual beli.

Memang mungkin akan menghasilkan view, namun pastinya tidak akan tertarget dan sulit mendapatkan banyak view.

Berbeda jika kamu mempromosikannya di grup yang khusus untuk kegiatan memasak, jika kamu melakuka promosi di grup tersebut, bukan secara tidak langsung nantinya kamu akan mendapatkan banyak view disitu.

Tidak hanya view, mungkin pembaca setia pun akan bermunculan jika dirasa kontenmu bermanfaat.

Ada hal yang harus kamu ketahui dalam melakukan promosi konten, yaitu kamu dilarang menggunakan teknik spam ke grup-grup karena bisa jadi nantinya kamu akan dibatasi oleh pihak media sosial karena melakukan spamming, link blogmu tidak bis di share, kamu akan dikeluarkan dari grup, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Beberapa kesalahan umum blogger pemula diatas memang harusnya bisa kamu ketahui secara utuh supaya nantinya saat kamu membuat blog baru atau mengembangkan blog, kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut yang pastinya akan sangat beresiko bagi kamu dan juga blogmu.

Itulah artikel mengenai beberapa kesalahan blogger pemula yang harus kamu hindari.

Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa mendapatkan informasi dan tambahan pengetahuan dalam melakukan aktifitas blogging yang lancar.

Post a Comment for "Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Dihindari"