Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Flashing dan Cara Melakukan Flash pada Smartphone Samsung

Manfaat Flashing dan Cara Melakukan Flash pada Smartphone Samsung
Manfaat Flashing dan Cara Melakukan Flash pada Smartphone Samsung 

Samsung kini menjadi smartphone favorit yang banyak dibeli. Kepopuleran Samsung membuat produsen mengeluarkan tipe – tipe Samsung yang semakin baru. Meski begitu, masih banyak pengguna Samsung yang setia dengan smartphone nya meskipun seri yang digunakan merupakan keluaran lama.

Biasanya, pengguna tipe lama akan sering mengalami masalah seperti kesulitan untuk update otomatis karena fitur yang ada tidak mendukung. Oleh karena itu, harus dilakukan flash secara manual.

Layaknya laptop atau komputer, flash atau flashing adalah install ulang pada smartphone. Proses mengganti ulang software pada smartphone inilah yang disebut dengan proses flashing.


Lalu, Apa Manfaat Flashing Smartphone?


Mungkin belum banyak yang tahu, mengapa perlu dilakukan flashing pada smartphone. Padahal, manfaat flashing pada smartphone begitu banyak. Diantaranya untuk mengembalikan smartphone pada keadaan semula, menghilangkan semua error yang terjadi pada smartphone, serta menghilangkan virus yang ada pada smartphone.

Setelah mengetahui manfaatnya, tips melakukan flashing pada smartphone Samsung selanjutnya adalah dengan melakukan backup data yang ada di smartphone. Karena nantinya data yang ada di memori internal akan hilang karena proses flashing.

Tips melakukan flashing pada smartphone Samsung selanjutnya adalah memastikan baterai yang digunakan masih banyak, minimal di atas 50%. Jika melakukan flashing melalui komputer, pastikan kabel data yang digunakan original. Siapkan juga Samsung USB Driver.

Selain itu, kamu juga harus mendownload Firmware sesuai dengan tipe Smartphone Samsung yang dimiliki. Dan tips yang harus dilakukan selanjutnya adalah, komputer kamu sudah harus memiliki aplikasi Odin.

Setelah semua persiapan lengkap, kamu dapat melanjutkan flashing smartphone Samsung.


Manfaat Flashing dan Cara Melakukan Flash pada Smartphone Samsung


Cara Flashing Pada Smartphone Samsung Menggunakan Komputer


1. Untuk melakukan flashing pada smartphone Samsung, awalnya kamu harus menginstall USB              Driver yang telah di download. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi smartphone di komputer.

2. Selanjutnya, install aplikasi Odin di komputer. Setelah terinstall, jalankan aplikasi.

3. Matikan smartphone, kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol Power + Home +              Volume Bawah, supaya dapat masuk ke mode download firmware.

4. Setelah masuk, lepaskan tiga tombol tersebut.

5. Lalu, hubungkan smartphone dengan komputer menggunakan kabel data. Tunggu komputer                mendeteksi smartphone.

6. Kemudian, tekan volume atas. Jika terdeteksi Odin, maka akan muncul notifikasi baru, kemudian        pilih “Terisi Otomatis”.

7. Setelah itu, masukkan firmware ke aplikasi Odin, dengan cara drag & drop.

8. Biasanya, software firmware yang di download berbentuk rar atau zip. Jadi, kamu harus ekstrak          file terlebih dahulu, yang akan muncul file MD5 dan file inilah yang akan digunakan.

9. Pada aplikasi Odin, pada pilihan “Auto Reboot, F.Reset Time”, pilih “enable”.

10. Setelah itu, masukkan firmware dengan klik “AP”, kemudian cari file dengan ekstensi                         “Tar.MD5”. Setelah itu, pilih “OK” atau “Start”.

11. Proses flashing akan berlangsung, tunggu hingga selesai dan smarphone akan otomatis                        melakukan restart. Jangan sampai kabel data tercabut, karena akan sangat fatal akibatnya.

12. Setelah proses selesai, smartphone sudah resmi di flashing.

Flashing pada smartphone Samsung menggunakan komputer ini merupakan cara terakhir apabila kamu telah mencoba flashing tanpa komputer namun tidak berhasil. Dengan menggunakan komputer, proses flashing akan lebih mudah karena dapat dilakukan pada semua jenis tipe smartphone Samsung.

Setelah selesai flashing, kamu akan merasakan manfaat dari flashing, berupa kondisi smartphone yang normal kembali. Tidak sering error dan tentunya virus yang ada di smartphone dapat hilang.

Post a Comment for "Manfaat Flashing dan Cara Melakukan Flash pada Smartphone Samsung "