Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Menarik Versi Android Marshmallow Serta Kegunaannya

Fitur Menarik Versi Android Marshmallow Serta Kegunaannya
Fitur Menarik Versi Android Marshmallow Serta Kegunaannya

Walaupun android marshmallow 6.0 bukan lagi menjadi OS terbaru, namun hingga saat ini banyak sekali orang yang masih menggunakan sistem operasi tersebut. Selain itu sebagian orang telah menggunakan sistem operasi terbaru keluaran dari google yakni android 7.0 nougat. Apakah kamu salah satu dari pengguna android marshmallow? Hal tersebut karena marshmallow mempunyai fitur yang sangat menarik.

Fitur-fitur Rahasia Pada Versi Android Marshmallow Dan Fungsinya


1. Tombol Power Peluncur Kamera


Tombol ini selain berfungsi untuk mengaktifkan kembali sekaligus menonaktifkan juga, juga bisa berfungsi sebagai sebuah kamera. Kamu bisa menggunakan tombol ini untuk mengaktifkan dan menonaktifkan smartphone kamu selain itu juga dapat mengambil gambar menggunakan kamera. Cara tersebut cukup mudah, kamu hanya tinggal menekan tombol power itu dua kali, kemudian kamera siap digunakan.

2. Tombol Home Untuk Mengakses Google Now On Tap Secara Cepat 


Google Now on Tap merupakan salah satu fitur yang menjadi sorotan saat ini di android 6.0 marshmallow. Fitur ini akan memanfaatkan algoritme dari google untuk dapat menampilkan informasi terkait dengan apa yang ada pada screen smartphone kamu. Untuk kamu dapat mengakses fitur Google on Tap secara cepat, maka hanya cukup menekan dan menahan tombol home ini pada screen smartphone kamu.

3. Tombol App Drawer untuk Mencari Aplikasi Secara Cepat


Kamu juga bisa memanfaatkan adanya fitur tombol App drawer guna mencari sebuah aplikasi yang kamu inginkan dengan cepat. Jika kamu biasanya melakukan tap pada App drawer dan kemudian mencari pada tiap-tiap screen, saat ini kamu hanya perlu melakukan tap dan menahan icon pada aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul sebuah kolom pencari setelah kamu mengetik aplikasi yang diinginkan.

4. UI Tuner


Saat ini memang fitur UI Tuner sudah secara default disembunyikan pada android marshmallow. Meskipun begitu kamu bisa dengan mudahnya mengaktifkan kembali fitur tersebut. Jika kamu mengaktifkan UI Tuner maka kamu akan dapat melakukan beberapa hal menarik lainnya, seperti kamu bisa melakukan custom pada Quick Settings Menu. Lalu bagaimana melakukan hal tersebut? 

  • Langkah pertama adalah kamu hanya perlu swipe ke bawah dari screen bagian atas pada menu Quick Settings. 
  • Lalu tekan dan tahan ikon Settings yang ada di pojok-kanan atas.
  • Setelah beberapa detik, angkat jari kamu sehingga nantinya akan terlihat sebuah popup di bagian bawah yang nantinya akan menyatakan bahwa system ui tuner tersebut memang telah berhasil ditambahkan ke settings.

5. Translate


Android 6.0 juga hadir dengan sejumlah fitur lainnya, misalnya saja adalah fitur untuk menyeleksi teks yang telah diperbaharui dalam versi sebelumnya. Hal ini memang bukan hanya sekedar pada fungsi cut, copy dan juga paste, kamu bahkan dapat mengirimkan kata atau frasa yang kamu highlight ke aplikasi lainnya nanti. Tentu hal ini berguna bagi kamu yang belum mengerti fasih bahasa asing.

Misalnya adalah kamu dapat highlight kata asing yang telah kamu temukan di sebuah artikel untuk kemudian kamu langsung kirimkan ke aplikasi Google Translate. Atau saat kamu menemukan sebuah frasa maupun nama tertentu, kamu bisa langsung dapat mengirimkannya ke dalam aplikasi Wikipedia untuk menemukan apa saja maksudnya. Tentu hal tersebut bisa dilakukan dengan Google Translate.


Di atas adalah beberapa keunggulan dari android marshmallow yang bisa kamu rangkum sendiri pada tulisan ini. Kamu tertarik tidak untuk membeli handphone baru ini dengan sistem operasi marshmallow ini. Jika menurut saya memang fitur baru yang ada pada android marshmallow ini juga sangat patut untuk dicoba, kemudian dibandingkan dengan sistem operasi yang lama.

Post a Comment for "Fitur Menarik Versi Android Marshmallow Serta Kegunaannya"