Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Proteksi File PDF Agar Tidak Bisa di Edit atau Copas

Cara Mudah Proteksi File PDF Agar Tidak Bisa di Edit atau Copas
Cara Mudah Proteksi File PDF Agar Tidak Bisa di Edit atau Copas

Halo sahabat mediamanfaat.com, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi menarik khususnya untuk anda yang ingin hasil karya anda seperti dokumen, file penting dan lain-lain yang berbentuk file PDF mendaptkan proteksi aman sehingga sulit untuk di edit atau di copas oleh para pengguna.

Biasanya cara seperti ini dilakukan agar konten, naskah atau artikel yang kita buat benar-benar tidak bisa disalin atau di copy paste menjadi karya lain dengan nama pembuat yang beda, tentu saja kalau hasil karya sendiri di plagiat oleh orang lain tanpa mencantumkan nama anda pastinya sangat kesal bukan.

Nah pada artikel ini kami akan beritahu bagaimana caranya proteksi file atau naskah PDF agar tidak mudah di edit atau copy paste orang lain. Silahkan simak informasinya dibawah ini.

Tips Mudah Proteksi File PDF dengan Memberi Password 



Cara untuk memberi proteksi pada file PDF ini dengan memakai password dari aplikasi pihak ketiga, intinya dengan adanya pemberian password ini file PDF hanya akan bisa dibuka jika orang tersebut anda beri password untuk membuka dan seterusnya akan seperti itu.

Namun yang menjadi kekurangan dari tips ini adalah kalau anda sendiri yang lupa password tidak ada menu untuk mengembalikan”lupa password “.

Jadi mau tidak mau dokumen sudah tidak bisa dibuka lagi. Kalau penasaran seperti apa cara mudah proteksi file PDF dengan memakai password, silahkan lihat informasinya dibawah ini.

#Memakai Alikasi NitroPRO 



Aplikasi pertama yang bisa anda pakai untuk memproteksi password pada file PDF ini adalah dengan memakai aplikasi Nitro, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.


  • Langkah pertama silahkan anda terlebih dahulu mendownload aplikasi nitroPro di internet, ukurannya tidak lebih dari 40 MB jadi terbilang masih kecil. Selanjutnya anda bisa langsung masuk ke aplikasi dan buka menu file. 
  • Selanjutnya akan muncul pilihan yaitu Document Properties, kemudian anda bisa memilih menu Security – Password Security
  • Selanjutnya anda bisa mencentang pada opsi open password, dan selanjutnya bisa mennetukan password yang ingin anda buat. Jangan lupa untuk mengisi kolom konfirmasi password sesuai dengan password pertama nada tadi. 
  • Setelah itu anda bisa klik opsi Permissions, ini adalah proteksi lanjutan jiak anda memakai password saja biasanya akan terbuka dengan mudah. Jadi pakai double proteksi sekaligus.
  • Sekarang file PDF yang hendak anda buka harus memakai password, jadi siapapun yang saat ini membuka file document anda membutuhkan password. 
  • Pastikan untuk mengaktifkan Print Allowed, sehingga pengguna hanya tinggal print dan tidak merubah credit atau sumber naskah yang valid. 
  • Selesai 
#Proteksi File PDF dengan PDFelement Pro 



Aplikasi kedua ini juga patut diandalkan untuk membuat proteksi password yang kuat, anda bisa mendownload aplikasi ini dari internet. Kalau mengenai fiturnya hampir sama dengan aplikasi NitroPro.

  • Pertama silahkan masuk ke aplikasi PDFelement terlebih dahulu kemudian masuk ke bagian properties lalu security. 
  • Nah selanjutnya anda bisa memilih menu Permissions, dan selanjutnya klik pada Password Security – Ok.
  • Sekarang anda bisa mengisi password dan konfirmasi password untuk dokumen PDF.
  • Selesai 
Nah itulah cara mudah untuk memproteksi password pada file PDF agar tidak mudah di edit atau di salin naskah originalnya untuk kepentingan oknum tertentu. sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mudah Proteksi File PDF Agar Tidak Bisa di Edit atau Copas"