Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Membuat Konten Menjadi Viral di Media Sosial

Daftar Isi [Tampil]
6 Cara Membuat Konten Menjadi Viral di Media Sosial
6 Cara Membuat Konten Menjadi Viral di Media Sosial

Konten merupakan hal utama dalam media sosial, entah facebook, instagram, twitter, ataupun youtube. Tanpa konten, media sosial akan terasa hampa dan sepi. Namun tak sembarang konten boleh ditulis di media sosial.

Ada norma-norma yang harus dipatuhi agar penggunaan media sosial tetap beretika. Selain sesuai norma, konten yang dibuat juga harus menarik, agar berpotensi menjadi viral. Selain bisa terkenal, jika ditinjau dari sisi bisnis, konten yang viral tentu berpotensi mendatangkan profit.


Tips Membuat Postingan Media Sosial Agar Viral dengan Cepat


Lantas bagaimana cara membuat konten yang berpotensi viral? Saya akan membahasnya lebih lanjut pada artikel di bawah ini. Setidaknya ada 6 tips yang bisa anda terapkan.


Cara Membuat Konten Menjadi Viral di Media Sosial
6 Cara Membuat Konten Menjadi Viral di Media Sosial


1. Bikin Konten yang Dapat Menyasar Sebagian Besar Pembaca 

Konten yang anda buat haruslah mudah dimengerti segala kalangan. Anda bisa membaginya menjadi 3 segmen, misalnya : segmen pemula, menengah dan tingkat lanjut. Dari ketiga segmen tersebut, bisa dibagi menurut umurnya atau tingkat pemahamannya.

Sebagai contoh, jika postingan anda merupakan suatu tutorial, anda harus mampu menuliskannya mulai dari awal. Karena orientasi kita tak hanya pembaca menengah dan tingkat lanjut, tapi juga pembaca pemula.

Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang terlibat konten buatan anda, mulai menyukai dan akhirnya memviralkan konten anda.

Jadi poin utama dari bagian ini adalah, anda harus memastikan bahwa konten yang anda buat bisa menyentuh tingkat pengetahuan setiap pembaca.

2. Topik Yang Dibahas Harus Lengkap

Viralnya konten terletak pada kualitas topik yang dibahas. Karena tujuan pembaca adalah untuk mengetahui informasi lebih detail. Jika mereka merasa konten anda bermanfaat, mereka tak akan segan-segan untuk membagikannya, meski tanpa disuruh terlebih dulu.

3. Buat Daftar Postingan Yang Menarik

Daftar postingan yang menarik dapat membantu meningkatkan kualitas konten. Dalam membuat daftar postingan menarik, buatlah sekreatif mungkin agar pembaca dengan sukarela mau membagikan postingan tersebut. Misal anda ingin menulis “Cara lunas hutang”. Agar lebih menarik, anda bisa membuatnya lebih kreatif seperti : “5 Tips Cara Lunas Hutang dalam 1 Bulan”. Tentu isinya nanti juga harus sesuai dengan judul yang diberi, agar pembaca tidak melabeli sebagai hoax.

4. Hubungkan Topik Dengan Hal-hal Kekinian

Setiap harinya selalu ada berita baru yang diperbincangkan oleh netizen. Anda juga harus mampu mencari benang merah berita-berita baru tersebut dan mengaitkannya dengan konten yang akan anda buat. Tentunya dengan tetap memperhatikan etika serta norma-norma yang berlaku. Anda bisa sedikit menyelipkan humor di bagian ini. Namun pastikan humor tersebut mengundang tawa, sehingga semakin menambah potensi viralnya konten anda.

5. Berusaha Aktif Menjawab Komentar-komentar Yang Masuk

Konten yang viral tentu mengundang komentar. Komentar yang masuk terkadang tak hanya komentar yang pro, namun bisa juga komentar dari pembaca yang kontra atas konten anda. Sikapi setiap komentar dengan bijak, balas komentar-komentar yang ada. Hal ini akan membuat media sosial anda terlihat aktif dan lebih menarik.

6. Beri Gambar yang Menarik

Berdasarkan kajian dari perusahaan percetakan, terdapat peningkatan ketertarikan membaca konten sebesar 80% ketika konten tersebut memiliki penambahan elemen gambar berwarna yang menarik. Maka dari itu, usahakan untuk selalu memberi gambar berwarna yang menarik, sedap dipandang mata dan yang pasti berhubungan dengan konten yang dibuat.

Mengenai ukuran gambar, akan lebih bagus jika memberikan gambar dengan ukuran yang ideal, tidak terlalu besar, serta tidak kekecilan. Sesuaikan dengan ukuran ideal tiap media sosial.

Penelitian lain menunjukkan bahwa konten yang dipenuhi teks, minimal harus menyantumkan 1 gambar, supaya terjadi peningkatan jumlah share. Hal ini cukup wajar, karena umumnya pembaca lebih senang menghabiskan waktu dengan konten dengan gambar pendukung, daripada konten yang dipenuhi teks saja.

Seperti itulah cara membuat konten viral dan terlihat menarik yang bisa kalian coba terapkan. Dengan menjadi viral besar kemungkinan anda akan menjadi terkenal oleh banyak orang di media sosial dan juga dapat menambah banyak teman dunia maya. Terimkasih

Post a Comment for "6 Cara Membuat Konten Menjadi Viral di Media Sosial"