Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Mengalami Brick

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Mengalami Brick

Smartphone android saat ini sangat marak di pasaran. Berbagai jenis dari berbagai merek, termasuk juga harga smartphone itu sendiri, ada yang harganya murah dan ada juga yang mahal. Setiap orang memiliki keinginan tersendiri untuk membeli smartphone yang murah ataupun yang mahal.


Tentu saja, membeli disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki. Bahkan tak jarang, orang - orang membeli smartphone yang murah hanya supaya terlihat keren dan gengsi jika tidak menggunakan smartphone. Padahal, smartphone dengan harga murah sangat rentan terkena masalah, salah satunya adalah Brick. Meskipun tidak menutup kemungkinan smartphone mahal juga dapat terkena Brick.

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Mengalami Brick 

Brick adalah kondisi dimana smartphone android tidak berhasil masuk ke sistem atau mati total. Kondisi ini tentunya sangat meresahkan dan penyebabnya juga sangat beragam. Meskipun cukup sulit mengatasinya, tapi tetap saja ada jalan keluar untuk mengatasi smartphone android mengalami Brick.

Penyebab Smartphone Android Mengalami Brick 

Sebelum masuk ke cara mengatasi smartphone android yang mengalami Brick, perlu diketahui penyebab mengapa smartphone mengalami Brick, diantaranya:

Kegagalan saat melakukan flashing di smartphone:

  1. Over Clicking yang sangat berlebihan.
  2. Terlalu sering ganti settingan CPU.
  3. Pengeditan Build Prof yang salah.

Cara Mengatasi Smartphone Android Mengalami Brick


Berikut ini, langkah - langkah untuk mengatasi smartphone android yang mengalami Brick:

1. Sebelum melakukan proses mengatasi Brick, pastikan PC atau Laptop yang akan digunakan sudah terinstall Java.

2. Selain Java, download juga OneClick Unbrick.

3. Pastikan juga Driver smartphone sudah terpasang di PC atau laptop supaya smartphone dikenali oleh laptop.

4. Setelah itu, sambungkan smartphone dengan laptop menggunakan kabel USB.

5. Jalankan OneClick Unbrick.jar yang sudah di download sebelumnya. Setelah muncul tampilannya, klik Sunsoft Brick.

6. Setelah mengklik Sunsoft Brick, akan muncul tampilan pesan error. Jangan khawatir, lanjutkan prosesnya dengan klik Resolution Center.

7. Ketika muncul tampilan baru pada layar PC atau laptop, klik Extract to Current Folder. Tunggu beberapa saat, lalu klik Run the File. Tunggu sampai muncul jendela Command Prompt. Dalam beberapa detik biasanya jendela tersebut akan hilang.

8. Setelah itu, salin file OneClick Unbrick ke dalam folder Heimdall. Lalu klik kanan pada file dan pilih Run as Administrator.

9. Klik lagi pada Unsoft Brick, jika masih muncul error seperti langkah sebelumnya, lanjutkan saja prosesnya.

10. Kemudian, cabut sambungan smartphone dan matikan PC atau laptop. Lalu lepaskan semua komponen smartphone android seperti baterai, SIM Card, dan Memori. Diamkan smartphone dalam kondisi tersebut hingga beberapa waktu.

11. Lalu, pasang baterai smartphone dan hubungkan kembali ke PC atau laptop.

12. Setelah itu, masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Home, Volume, dan Power secara bersamaan. Setelah berhasil masuk, segeralah melakukan flashing pada smartphone.

Langkah - langkah untuk mengatasi smartphone android yang Brick harus dilakukan secara benar dan teliti. Jadi, jangan sampai salah. Cara ini terbilang cukup mudah, karena untuk kamu yang belum pernah melakukan service sendiri terhadap smartphone pun dapat melakukannya. Namun yang terpenting, harus dilakukan secara cermat, benar, dan hati - hati.

Memang, lebih aman membiarkan ahlinya yang ada di bidang tersebut untuk melakukannya. Tapi jika rasa keingin tahuanmu tinggi dan tidak takut mencoba, kamu bisa melakukan cara ini. Untuk mendapatkan software instalasi, sebaiknya pastikan alamat website penyedia dapat dipercaya sehingga kamu tidak salah mendownload malware.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Mengalami Brick "