Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Perpustakaan Digital Online Gratis untuk Smartphone Android

Daftar Isi [Tampil]
Bingung mencari buku referensi untuk menyelesaikan tugas sekolah dan kuliah?  Ingin mengunjungi perpustakaan tetapi jauh dari rumah?  Tenang saja, kini sudah ada aplikasi perpustakaan digital online untuk smartphone Android yang memberikan kamu buku untuk dipinjam kapanpun dan dimanapun kamu berada.

    Seiring dengan kemajuan teknologi, perpustakaan yang dulunya hanya gedung sekolah dan kampus dengan ribuan buku kini telah berubah menjadi aplikasi perpustakaan digital yang bisa didapatkan di rumah hanya dengan smartphone Android.  Sangat menyenangkan, bukan?


    Anehnya, aplikasi perpustakaan ini memiliki banyak sekali buku yang tentunya terus diupdate setiap hari dengan menambahkan buku-buku baru ke dalam katalognya.  Anda dapat meminjam semua buku yang tersedia di aplikasi Perpustakaan secara gratis, tetapi terbatas untuk beberapa hari.

    Baca juga:


    Selain buku, Anda bisa dan boleh menggunakan e-book dan majalah online untuk mencari bahan referensi, bukan?  Jika Anda tidak tahu cara mendapatkan majalah online, silakan kunjungi juga artikel saya sebelumnya, cara mengunduh pdf.  Dengan begini, Anda tidak perlu lagi bingung saat menyelesaikan tugas kuliah jika tidak memiliki sumber referensi.


    Kembali ke topik diskusi, berikut adalah beberapa aplikasi perpustakaan gratis yang dapat Anda instal dan akses di ponsel Android Anda.


    Aplikasi perpustakaan digital online untuk Android


    Anda dapat menemukan dan menginstal semua aplikasi perpustakaan yang saya rekomendasikan di bawah ini melalui Google Play Store, dan saya rasa Anda sudah tahu cara menginstal aplikasi melalui Google Play Store.


    Aplikasi Perpustakaan Nasional # 1 (iPusnas)
    Aplikasi perpustakaan digital pertama dalam artikel ini adalah iPusnas, yang merupakan aplikasi gratis resmi Perpustakaan Nasional Indonesia.  Sejauh ini aplikasi tersebut baru diunduh sekitar 100.000 kali, jumlah yang sedikit dibandingkan dengan jumlah pelajar dan pelajar di Indonesia.


    Unduh dan instal aplikasi iPusnas dari Google Play Store di ponsel Android Anda lalu buka.  Klik Mulai Sekarang dan izinkan semua permintaan izin iPusnas untuk muncul.

    Untuk menikmati semua fitur iPusnas Android Library, seperti meminjam dan membaca buku, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.  Cara Registrasi iPusnas, tekan menu yang berisi tiga garis horizontal kemudian pilih menu Sign In Now.

    Anda dapat menggunakan akun Facebook atau akun email untuk mendaftar.  Saya sendiri menyarankan Anda untuk memilih akun email.

    Masukkan alamat email dan kata sandi aktif Anda, lalu ketuk Berikutnya.  Ini dilakukan untuk membuka menu registrasi, jadi masukkan kata sandi apa saja.

    Akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa Anda dan email yang Anda gunakan sebelumnya tidak terdaftar di iPusnas.  Daftar terlebih dahulu melalui menu Daftar Sekarang.

    Masukkan nama Anda, nomor telepon, kata sandi dan konfirmasi kata sandi Anda untuk mendaftar ke iPusnas.  Alamat email akan secara otomatis diisi dengan email yang Anda masukkan sebelumnya.  Sentuh Simpan untuk melanjutkan.

    Terima kebijakan lisensi yang muncul setelah mendaftar dengan Terima.  Kemudian iPusnas akan menyarankan beberapa teman untuk membantu Anda mempelajari iPusnas, dan Anda dapat mengabaikannya dengan mencentang berikut ini.

    Setelah proses registrasi selesai, Anda akan dibawa ke halaman muka Perpustakaan Nasional iPusnas tanpa harus mengkonfirmasi alamat email Anda terlebih dahulu.  Koleksi, ePustaka, iPusnas, rak dan notifikasi adalah lima menu di iPusnas.

    Untuk mencari dan meminjam buku dapat menggunakan menu search atau menu kategori buku.  Sebagai contoh, saya akan meminjam buku Quick Mastering C ++ dari Jubilee Enterprise di kategori Komputer & Internet.

    Detail buku yang Anda pilih ditampilkan, mulai dari informasi dan identitas buku, ringkasan, rating, dll.  Untuk meminjam buku, klik Daftar Pinjaman.

    Pilih ePustaka yang masih memiliki stok buku yang bisa Anda pinjam.

    Karena ini adalah pertama kalinya Anda meminjam buku dari aplikasi Perpustakaan iPusnas, Anda harus mendaftar ulang sebagai anggota.  Sentuh Daftar Sekarang, masukkan kata sandi yang Anda buat sebelumnya, lalu sentuh Ya untuk mengonfirmasi pinjaman.  Dengan cara ini, Anda akan berhasil meminjam buku yang Anda inginkan.

    Buku yang Anda pinjam sebelumnya ada di daftar Rak Buku iPusnas dan Anda hanya perlu mencap buku yang dipinjam untuk membuka dan membacanya.

    Semua buku yang Anda pinjam dapat diakses secara offline di aplikasi iPusnas.  IPusnas menjadi aplikasi perpustakaan offline untuk membaca nama samaran.


    Anda hanya dapat meminjam tiga buku per hari di aplikasi iPusnas ini.  Selain itu, maksimal waktu atau lamanya peminjaman buku adalah tiga hari.  Jika Anda tidak mengembalikan nama samaran dalam tiga hari, sistem akan mengembalikannya secara otomatis.  Jadi jangan khawatir jika lupa mengembalikannya karena tidak ada pinalti.


    # 2 iSantri Kementerian Agama Republik Indonesia
    Aplikasi perpustakaan digital kedua yang saya rekomendasikan untuk Anda unduh adalah iSantri yang merupakan pemberian dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).


    Seperti namanya, aplikasi perpustakaan unik gratis ini hanya berisi buku-buku dan buku-buku tentang ajaran Islam.  Misalnya kitab hadits, sejarah budaya islam, tasawuf, majalah islam, fatwa ulama, arab, buku teks islam, dll.


    Adapun cara penggunaan aplikasi iSantri hampir di setiap tahapannya mirip dengan aplikasi Perpustakaan Nasional iPusnas, baik itu mulai dari pendaftaran awal hingga tahap peminjaman buku untuk dibaca.



    # 3 Bt Wolu Aksara Maya
    PT Woolu Aksara Maya bukanlah nama untuk aplikasi perpustakaan digital, tetapi sebuah agensi atau organisasi yang merupakan produsen sebagian besar aplikasi perpustakaan online di Google Play Store saat ini.


    Bekerja sama dengan pemerintah daerah, PT Woolu Aksara Maya telah menghasilkan beberapa aplikasi perpustakaan digital yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat daerah.


    Di antara nama aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya yang bisa saya sebutkan adalah iJateng, hasil kerjasama dengan pemerintah daerah Jawa Tengah, iJakarta, iBadung, iJogja, iToraya, iTangsel, iKalsel, iPustaka Aceh, iPekanbaru, iKaltim, Perpustakaan iBI, iMalangkab dan  Perpustakaan Digital MPR, iKebumen, iPurwakarta, iCirebon, dan lainnya.  Anda dapat dengan mudah menemukan semua aplikasi ini di Google Play Store dengan mengetikkan nama PT Woolu di kotak pencarian.


    Bahkan dua aplikasi yang saya sebutkan di atas, iPusnas dan iSantri, masuk dalam aplikasi Perpustakaan Android PT Woolu Aksara Maya bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional dan Kementerian Agama.  Oleh karena itu, penggunaan aplikasi iSantri dan aplikasi lain dari perpustakaan Aksara Maya milik PT Woolu hampir sama dengan aplikasi iPusnas.



    # 4 ePerpus - perpustakaan digital
    Aplikasi perpustakaan elektronik keempat dan terakhir yang saya bahas dalam artikel ini adalah ePerpus - perpustakaan digital yang disediakan oleh Gramedia Digital Nusantara.


    Seperti beberapa aplikasi yang disebutkan di atas, untuk bisa meminjam dan membaca buku di ePerpus, Anda juga perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.  Perbedaannya adalah Anda harus terlebih dahulu mengkonfirmasi email Anda setelah melakukan registrasi sebelum Anda dapat menikmati fitur ePerpus.

    Baca juga:


    Anda juga dapat menemukan banyak buku digital, majalah, dan surat kabar dari berbagai kategori di aplikasi ePerpus.  Tentu saja, untuk meminjam buku itu, Anda tidak akan membayar sepeser pun, tetapi Anda dibatasi beberapa hari untuk mengembalikannya.



    Kesimpulan
    Aplikasi perpustakaan digital online gratis untuk Android yang saya rekomendasikan untuk digunakan dalam artikel ini adalah aplikasi Perpustakaan Nasional (iPusnas), iSantri dari Kementerian Agama Republik Indonesia, ePerpus dari Gramedia Digital Nusantara, dan semua aplikasi perpustakaan milik PT Wolo Aksara Maya.  Anda dapat menemukan semua aplikasi yang saya rekomendasikan di Google Play Store.


    Ini adalah beberapa aplikasi perpustakaan digital yang bisa saya rekomendasikan, seperti memiliki aplikasi perpustakaan pribadi Anda sendiri, bukan?  Tetap up to date di blog ini dengan mendaftarkan email Anda untuk mengikuti tutorial hebat lainnya.  Terima kasih.


Apakah Anda tengah kebingungan dalam mencari buku referensi untuk menyelesaikan tugas sekolah maupun kuliah? Mau mengunjungi perpustakaan namun jaraknya jauh dari rumah? Tenang saja, kini telah hadir aplikasi perpustakaan digital online untuk smartphone Android yang menawarkan buku untuk Anda pinjam kapan pun dan dimana pun Anda berada.

Seiring perkembangan teknologi, perpustakaan yang tadinya hanya berupa gedung di sekolah maupun kampus dengan ribuan buku di dalamnya, kini seakan disulap menjadi aplikasi perpustakaan digital yang dapat dimiliki di rumah masing-masing hanya dengan sebuah smartphone Android. Sungguh menarik bukan?


Hebatnya lagi, aplikasi perpustakaan tersebut memiliki jumlah buku yang lumayan banyak yang tentu setiap harinya terus diupdate dengan menambahkan buku-buku baru pada katalognya. Semua buku yang tersedia di aplikasi perpustakaan tersebut bisa Anda pinjam secara gratis, namun terbatas selama beberapa hari saja.

Baca juga:

Di samping buku, untuk mencari referensi materi juga bisa dan diperbolehkan menggunakan ebook maupun jurnal online bukan? Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan sebuah jurnal di internet, kunjungi juga artikel saya sebelumnya, cara download file pdf. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi kebingungan dalam menyelesaikan tugas kuliah jika kekurangan sumber referensi.


Kembali lagi ke topik pembahasan, berikut ini beberapa aplikasi perpustakaan gratis yang bisa Anda instal dan akses melalui ponsel Android.


Aplikasi Perpustakaan Digital Online untuk Android

Semua aplikasi perpustakaan yang saya rekomendasikan di bawah ini dapat Anda cari dan pasang melalui Google Play Store, dan saya rasa pasti Anda sudah mengetahui mengenai bagaimana cara memasang aplikasi melalui Google Play Store tersebut.


#1 Aplikasi Perpustakaan Nasional (iPusnas)
Aplikasi perpustakaan digital pertama dalam artikel kali ini adalah iPusnas yang merupakan aplikasi perpustakaan gratis resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sampai sekarang, aplikasi ini baru diunduh sekitar kurang lebih 100 ribu kali, angka yang begitu kecil dibandingkan dengan jumlah pelajar dan mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia.


Unduh dan instal aplikasi iPusnas pada Google Play Store di ponsel Android Anda kemudian buka. Tap Mulai Sekarang dan izinkan semua permohonan izin dari iPusnas yang muncul.

Untuk dapat menikmati seluruh fitur dari aplikasi perpustakaan android iPusnas seperti meminjam dan membaca buku, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Cara daftar iPusnas, tap menu berikon tiga garis horizontal kemudian pilih menu Login Sekarang.

Anda dapat menggunakan akun facebook maupun akun email untuk melakukan registrasi. Saya sendiri lebih menyarankan Anda untuk memilih akun email.

Masukkan alamat email Anda yang masih aktif beserta passwordnya kemudian tap Selanjutnya. Ini dilakukan untuk memunculkan menu registrasi, jadi masukkan saja sembarang password.

Akan muncul notifikasi bahwa Anda beserta email yang Anda gunakan tadi belum terdaftar di iPusnas. Silakan lakukan registrasi terlebih dahulu melalui menu Registrasi Sekarang.

Masukkan nama, nomor telepon, password, dan konfirmasi password untuk mendaftar iPusnas. Alamat email akan secara otomatis terisi dengan email yang Anda masukkan sebelumnya. Tap Simpan untuk melanjutkan.

Setujui kebijakan lisensi yang muncul setelah Anda melakukan registrasi dengan mentap Terima. Setelah itu, iPusnas akan menyarankan beberapa teman untuk membantu Anda mengenal iPusnas, Anda dapat mengabaikannya dengan langsung mentap Selanjutnya.

Setelah proses registrasi selesai, Anda akan dibawa pada halaman depan aplikasi perpustakaan nasional iPusnas tanpa harus mengkonfirmasi email Anda terlebih dahulu. Koleksi, ePustaka, iPusnas, Rak Buku, dan Notifikasi adalah lima buah menu yang ada di iPusnas.

Untuk mencari dan meminjam buku, Anda bisa memanfaatkan menu pencarian maupun melalui menu kategori buku. Sebagai contoh, saya akan meminjam buku Cepat Menguasai C++ dari Jubilee Enterprise yang ada pada kategori Komputer & Internet.

Detail buku yang Anda pilih akan ditampilkan mulai dari informasi dan identitas buku, sinopsis, rating, dan sebagainya. Untuk meminjam buku, tap menu Pinjam.

Pilihlah salah satu ePustaka yang masih menyediakan stok buku yang akan Anda pinjam.

Oleh karena Anda baru pertama kali meminjam buku di aplikasi perpustakaan iPusnas, maka Anda harus kembali mendaftarkan diri Anda sebagai member. Tap Registrasi Sekarang, masukkan password yang telah Anda buat tadi, kemudian tap Ya untuk mengkonfirmasi peminjaman. Dengan begitu, maka Anda telah sukses meminjam buku yang Anda inginkan.

Buku yang telah Anda pinjam tadi berada pada menu Rak Buku pada aplikasi iPusnas, dan Anda hanya perlu mentap buku yang Anda pinjam tersebut untuk membuka dan membacanya.

Semua buku yang telah Anda pinjam pada aplikasi iPusnas dapat Anda akses secara offline. Sehingga iPusnas menjadi aplikasi perpustakaan offline untuk membaca buku yang telah dipinjam.


Anda hanya dapat meminjam tiga buah buku saja per harinya di aplikasi iPusnas ini. Ditambah, waktu atau durasi peminjaman buku paling lama adalah tiga hari. Jika dalam waktu tiga hari Anda tidak mengembalikan buku yang dipinjam, buku tersebut akan secara otomatis dikembalikan oleh sistem. Jadi, jangan khawatir jika Anda lupa untuk mengembalikan karena tidak ada denda apapun.


#2 iSantri Kementerian Agama Republik Indonesia
Aplikasi perpustakaan digital kedua yang saya rekomendasikan untuk Anda download adalah iSantri yang merupakan persembahan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).


Sesuai dengan namanya, aplikasi perpustakaan gratis satu ini hanya khusus berisi buku dan kitab dalam ajaran Agama Islam saja. Seperti misalnya buku-buku Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tasawuf, Majalah Islami, Fatwa-fatwa ulama, Bahasa Arab, kitab-kitab pesantren, dan lain sebagainya.


Adapun cara menggunakan aplikasi iSantri ini hampir semua langkah-langkahnya serupa dengan aplikasi perpustakaan nasional iPusnas, entah itu dari awal pendaftaran sampai dengan tahap peminjaman buku untuk dibaca.



#3 PT Woolu Aksara Maya
PT Woolu Aksara Maya bukanlah sebuah nama aplikasi perpustakaan digital, namun dia adalah nama suatu instansi atau lembaga yang merupakan pembuat dari kebanyakan aplikasi perpustakaan online yang ada di Google Play Store saat ini.


Bekerja sama dengan pemerintah daerah, PT Woolu Aksara Maya telah banyak sekali memproduksi aplikasi perpustakaan digital yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dari daerah tersebut.


Di antara nama aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya yang dapat saya sebutkan yakni iJateng hasil kerjasamanya dengan pemerintah daerah Jawa Tengah, iJakarta, iBadung, iJogja, iToraya, iTangsel, iKalsel, iPustaka Aceh, iPekanbaru, iKaltim, iBI Library, iMalangkab, MPR Digital Library, iKebumen, iPurwakarta, iCirebon, dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut bisa dengan mudah Anda temukan di Google Play Store dengan mengetikkan nama PT Woolu pada kotak pencariannya.


Dan bahkan dua aplikasi yang saya sebutkan di atas, iPusnas dan iSantri termasuk ke dalam aplikasi perpustakaan android milik PT Woolu Aksara Maya yang bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional dan Kementerian Agama. Oleh karena itulah, mengapa cara menggunakan aplikasi iSantri dan aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya lainnya hampir serupa dengan aplikasi iPusnas.



#4 ePerpus - Perpustakaan Digital
Aplikasi perpustakaan online yang keempat sekaligus terakhir yang saya bahas pada artikel kali ini adalah ePerpus - Perpustakaan Digital yang disediakan oleh Gramedia Digital Nusantara.


Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, untuk dapat meminjam dan membaca buku di ePerpus ini, Anda juga diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Bedanya, Anda harus mengkonfirmasi email terlebih dahulu setelah registrasi sebelum dapat menikmati fasilitas ePerpus.

Baca juga:

Koleksi buku, majalah, dan koran digital dari berbagai kategori di aplikasi ePerpus ini juga cukup banyak yang dapat Anda temukan. Dan tentu untuk meminjam buku tersebut, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun namun dibatasi dalam waktu beberapa hari saja untuk dikembalikan.



Kesimpulan
Aplikasi perpustakaan digital online gratis untuk Android yang saya rekomendasikan untuk Anda gunakan pada artikel ini adalah aplikasi perpustakaan nasional (iPusnas), iSantri persembahan Kemenag RI, ePerpus dari Gramedia Digital Nusantara, dan semua aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya. Semua aplikasi yang saya rekomendasikan tersebut dapat Anda temukan di Google Play Store.


Nah itulah beberapa aplikasi perpustakaan digital yang bisa saya rekomendasikan, seperti punya aplikasi perpustakaan pribadi sendiri bukan? Tetap ikuti terus blog ini dengan mendaftarkan email Anda untuk tetap mendapatkan update tutorial menarik lainnya. Terima kasih.

Post a Comment for "Aplikasi Perpustakaan Digital Online Gratis untuk Smartphone Android"